Camat KKT : Penjabat Ohoi Isso Belum Bisa Laksanakan Tugas

Langgur Tual News – Kepala wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur, Viktor Renyaan, S.Sos kepada tualnews.com Selasa ( 8/10/2019 ) mengaku saat ini kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Ohoi / Desa Isso, kecamatan kei kecil timur ( KKT ), Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku pasca aksi pemalangan jalan dan pembakaran ban mobil terkait polemik Penjabat Kepala Ohoi Isso minggu kemarin dalam suasana aman dan damai.

https://youtu.be/0vQD4NCpf6g
Wawancara tualnews.com bersama Camat Kei Kecil Timur, Viktor Renyaan

“ Suasana kamtibmas di Ohoi Isso aman, namun Penjabat Kepala Ohoi Isso yang baru diangkat dengan surat keputusan ( SK ) Bupati Malra atas nama Irenius Tharob belum bisa melaksanakan tugas, karena harus menunggu konsultasi kami bersama Bupati Malra “ Ungkapnya.

Camat KKT mengaku, sejak aksi sekolompok masyarakat Ohoi Isso pihaknya belum dapat melaksanakan serahterima jabatan dari Penjabat Kepala Ohoi Isso yang lama, Vincentius Yamrevav kepada Penjabat baru, Irenius Tharob.

IMG 20191003 WA0009 1
Aksi sekelompok warga masyarakat Ohoi Isso, Kecamatan Kei Kecil Timur Kamis ( 3/10/2019 ) yang melakukan pemalangan jalan raya umum dengan batu dan pembakaran ban

“ Karena aksi penolakan oleh sekolompok masyarakat Ohoi Isso terhadap Penjabat baru yang ditetapkan dengan SK Bupati Malra, maka saya ambil langkah menunda proses serahterima jabatan sambil menunggu hasil konsultasi dengan Bupati Malra, M. Thaher Hanubun “ Jelas Renyaan.

Ketika ditanya alasan sekelompok warga masyarakat Ohoi Isso yang menolak Penjabat baru Ohoi Isso, Irenius Tharob, Camat KKT mengatakan, Penjabat lama Ohoi Isso, Vincentius Yamrevav menghendaki agar kursi kepemimpinan penjabat Isso dilanjutkan oleh adiknya  Lampay Yamrevav.

“ jadi tudingan masyarakat kalau saya bermain dalam penentuan jabatan Kepala Ohoi Isso itu tidak benar, karena SK Bupati Malra yang dikeluarkan untuk Penjabat Ohoi Isso atas nama Irenius Tharob “  terang Camat KKT.

Tharob : Saya Penjabat Kepala Ohoi Isso Sesuai SK Bupati Malra

Seperti diberitakan tualnews.com, sebelumnya Irenius Tharob menegaskan kalau dirinya adalah Penjabat resmi Kepala Ohoi Isso Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara Propinsi Maluku yang diangkat secara resmi oleh Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, sesuai Surat Keputusan ( SK ) Bupati Malra, Nomor 504.6 Tahun 2019 tentang pemberhentian Penjabat Kepala Ohoi Isso dan pengangkatan Penjabat Kepala Ohoi Isso Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2019.

164ad503095860c45ed7d5af05b9bf30.0 1
Surat Keputusan ( SK ) yang ditandatangani Bupati Malra, M. Thaher Hanubun tanggal 1 Agustus 2019 yang mengangkat Penjabat Ohoi Isso, Irenius Tharob

Kepada tualnews.com, Pj. Kepala Ohoi Isso, Irenius Tharob mengaku SK Bupati Malra dikeluarkan sejak tanggal 1 Agustus 2019,  ditandatangani Bupati Malra, M. Thaher Hanubun.

“ Saya adalah Penjabat Kepala Ohoi Isso yang diangkat berdasarkan SK Bupati Malra sejak tanggal 1 Agustus 2019, jadi kalau ada pihak atau kelompok tertentu yang mengaku sebagai Penjabat Kepala Ohoi Isso itu tidak benar “ Tegas Tharob.

Menyoal tentang penolakan masyarakat di Ohoi Isso atas dirinya, sehingga berbuntut pemalangan jalan dan pembakaran ban pasca hendak dilakukan serahterima jabatan Pj. Kepala Ohoi Isso dari penjabat lama, Vincentius Yamrevav, kepada Pejabat Kepala Ohoi Isso yang baru, Irenius Tharob, dirinya menampik hal itu.

“ Semua masyarakat di Ohoi Isso hidup aman, rukun dan damai, saya adalah Ketua Dewan Pastoral Stasi ( DPS ) Isso, kalau yang buat aksi pemalangan dan penolakan serahterima jabatan Penjabat Kepala Ohoi Isso adalah ulah masyarakat asal Ohoi Isso dari luar,  bukan penduduk kampung “ Jelas Tharob.

Terkait situasi Kamtibmas di Kampung Isso, Penjabat Kepala Ohoi Isso, Irenius Thrarob mengaku sejak Kamis siang ( 3/10/2019 ) pemalangan jalan dengan batu oleh sekolompok warga masyarakat sudah dibuka dan dikeluarkan.

Namun Pj. Kepala Ohoi Isso, Irenius Tharob mengaku, sangat menyesalkan langkah  yang ditempuh Camat Kei Kecil Timur ( KKT ),  Viktor Renyaan bersama Kapolsek Kei Kecil Timur dan Kesbangpol Pemkab Malra yang datang di Ohoi Isso tidak membangun koordinasi dan komunikasi dengan dirinya selaku Penjabat Kepala Ohoi Isso.

“ saya Penjabat Kepala Ohoi Isso, minimal harus ada koordinasi untuk diketahui solusi dan kesepakatan yang dicapai dari pencabutan pemalangan jalan tersebut “ Sesalnya.

Seperti diberitakan tualnews.com Kamis (3/10/2019 ) pada pukul 05.30 WIT, sekelompok masyarakat Ohoi Isso yang tidak menerima  Keputusan Bupati Malra terkait pengangkatan dan serahterima jabtaan Penjabat Kepala Ohoi Isso dari Penjabat Lama, Vincentius Yamrevav kepada Penjabat baru Ohoi Isso, Irenius Tharob melakukan aksi pemalangan jalan utama dengan batu dan pembakaran ban mobil..

Aksi ini membuat actifitas masyarakat di Ohoi Isso macet, termasuk anak – anak SD tidak dapat melaksanakan proses belajar – mengajar. Camat KKT, Viktor Renyaan yang sedianya akan melaksanakan serahterima jabatan penjabat Kepala Ohoi tersebut akhirnya batal dilaksanakan.

 ( team tualnews.com )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

%d blogger menyukai ini: