Rat Kirkes Ibra Dilantik, Bupati Harap Raja di Kei Jadi Pemersatu

Langgur Tual News – Rat Kirkes atau Raja Ibra I Fit, , Agung Renwarin secara resmi dilantik dan dikuhkuhkan sebagai  Raja ke 16 Ibra melalui prosesi ritual adat Kei, senin ( 28/10/2019 ) di Desa / Ohoi Ibra Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara Propinsi Maluku.

FB IMG 1572278506435
Ketua Dewan Adat Kei, ABD. Hamid Rahayaan bersama Para Rat Ursiw dan Lorlim pada prosesi pengukuhan dan pelantikan Rat Kirkes ke 16, Agung Renwarin di Ibra, senin
( 28/10/2019 )

Prosesi pengukuhan Renwarin sebagai Rat Kirkes berlangsung penuh hikmat, disaksikan para Raja di Kepulauan Kei  yang tergabung dalam Rat Ursiw dan Lorlim, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si, Walikota Tual, Plt. Sekda Malra, Bernadus Rettob, pimpinan dan anggota DPRD Malra maupun Kota Tual, Forkopimda, para tokoh masyarakat, pemuda, adat dan agama.

FB IMG 1572306927374
Prosesi adat Kei dan pengukuhan Rat Kirkes ke 16, Agung Renwarin di Ibra, senin
( 28/10/2019

Prosesi adat kei dengan tai taroman di pusat kampung ( woma Lakar Ngartain)Ibra  dan penyerahan mandat kepemimpinan Raja Ibra I Fit ke 15 Hi. Abdul Fagih Renwarin kepada Raja Ibra I Fit ke 16 yang baru Agung Renwarin, semuanya dilaksanakan dalam tata acara budaya dan bahasa Kei.

FB IMG 1572278492886
Vat – Vat Ibra I Fit pada prosesi pengukuhan adat Kei, Rat Kirkes ke 16, Agung Renwarin

Raja Ibra ke 16, Agung Renwarin adalah putera  Raja Ibra I Ifit ke 15, Hi. Abdul Fagih Renwarin.  

Untuk diketahui sebelum acara ritual adat Kei penobatan sebagai Raja Ibra I Ifit, Agung Renwarin diarak dan ditandu dari kediamanya menggunakan perahu belang yang merupakan simbol tradisi adat dan budaya Kei.

FB IMG 1572278502856
Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Wabup Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE ketika dijemput secara Adat Kei pada prosesi pengukuhan dan pelantikan Rat Kirkes ke 16, Agung Renwarin, sabtu ( 28/10/2019 )

Selama prosesi perarakan itu, sang Raja diiringi tipa gong tarian adat Kei yakni tarian sawat dan tarian panah oleh putra – putri Kirkes Ibra dari tiga kampung yakni Ibra, Sathean dan Ngabub.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dalam amanatnya berharap peran Raja atau dalam bahasa Kei dikenal dengan sebutan Rat adalah cermin bagi masyarakat, sehingga harus menjadi alat pemersatu dan memberikan contoh serta teladan yang baik.

FB IMG 1572306912748
Raja Ibra I Ifit ke 15, Hi. Abdul Fagih Renwarin ketika akan menyerahkan tampuk kekuasaan Rat Kirkes kepada anaknya Raja Ibra I Ifit ke 16, Agung Renwarin, sabtu
( 28/10/2019 )

“ Raja harus bijaksana, dan berpihak kepada masyarakat serta mampu menjaga kearifan dan kata sehingga tetap dirindukan oleh rakyatnya “ Harap Bupati Malra.

Bupati juga meminta agar Raja di Kepulauan Kei agar harus tegas dalam dalam menyatakan sikap. “ Raja harus tegas nyatakan sikap ketika yang salah adalah salah dan yang benar tetap benar “ tegasnya.

FB IMG 1572278524811
suasana haru dan penuh khidmat ketika Rat Kirkes ke 16, Agung Renwarin menerima tampuk kekuasaan Raja Ibra I Ifit dari Ayahnya Hi. Abdul Fagih Renwarin, sabtu (28/10/2019 )

Dikatakan, kerja sama para Raja di Kepulauan Kei untuk mempercepat proses pelantikan Kepala Ohoi Definitif di Kabupaten Malra sangat strategis dan penting karena harus mengeluarkan rekomendasi kepada orang yang berhak menduduki jabatan Kepala Ohoi.

“ Saya berharap percepatan pelantikan Kepala Ohoi sesuai falsafah adat Kei, Hira Ini In Tub Fo Ini, It Did Fo It Did ( orang yang punya hak tetap miliknya – red ,) sehingga peran Raja sangat penting, jangan berpihak kepada kelompok tertentu sehingga menimbulkan perpecahan didalam masyarakat “ Harap Bupati Malra. ( team tualnews.com – Kominfo & Humas Malra )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: