Wabup Mimika Pulkam Bawah 300 Warga Berbagai Suku Nikmati Wisata Alam & Budaya Kei

Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob, S.Sos ketika mendapat sambutan dari Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE di Kantor Walikota Tual, rabu ( 30/10/2019 )

Langgur Tual News – Wakil Bupati Kabupaten Mimika  Papua yang juga putera asal Kepulauan Kei, Johanis Rettob, S.Sos, M.M akhirnya pulang kampung ( pulkam ). Rettob yang adalah putera asal Ohoi Faan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara tiba dibumi Larvul Ngabal selasa ( 29/10/2019 ), bersama 300 warga berbagai suku di Mimika untuk menikmati wisata alam & budaya Kei.

Tak tanggung orang nomor dua di Kabupaten Mimika Papua ini tidak hanya datang sendiri di Kepulauan Kei, Wabup Mimika bahkan memborong 300 warga masyarakar dari berbagai suku yang mendiami daerah pusat tambang itu untuk menikmati indahnya pesona laut dan wisata alam serta budaya  di Nuhu Evav yang dikenal dengan surga tersembunyi.

https://youtu.be/8bC5KqwlLjw
Video Penjemputan Rombongan Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob, S.Sos M.M di Ohoi Wearlilir dan Faan.

Setelah tiba di Nuhu Evav, Wabup Mimika beserta rombongan dijemput oleh masyarakat Ohoi Faan dan Wearlilir, Kecamatan Kei Kecil dengan tarian tipa gong dan upacara adat Kei. Wabup Mimika, Johanis Rettob dijemput secara langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Malra, Bernadus Rettob, S.Sos.

Tiba di Ohoi Wearliir, selasa ( 29/10/2019 ) Wabup Mimika, dijemput secara adat oleh masyarakat setempat dengan pengalungan bunga oleh Ibu Pj. Kepala Ohoi Wearlilir, Ketua Dewan Pastoral Stasi ( DPS ) dan perwakilan BSO Wearlilir, saniri Rettob, Ibu Lelehenubun.

Selanjutnya pemasangan gelang adat oleh saudari perempuan Johanis Rettob yang kawin dan tinggal di Ohoi Wearlilir. Kemudian upacara adat Kei atau yang dikenal dengan rinin bagi setiap tamu dan undangan yang datang di Kepulauan Kei dipimpin langsung Seniri Rettobyaan Ohoi Wearlilir, B. Rettobyaan.

Penjemputan secara Adat Kei Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob, S.Sos. M.M di pusat kampung ( woma ) Ohoi Wearlilir, selasa ( 29/10/2019 )

Usai upacara adat Kei, Wabup Mimika yang didampingi Isteri beserta rombongan diarak menuju pusat kampung ( woma ) El – Herhnar Wearlilir. Dipusat kampung Wearlilir, Wabup Mimika dijemput dengan nyayian kidung Adat Kei oleh perempuan Wearlilir, dengan Tai Taroman oleh seniri adat Rettob Fadwenubun yang dibawakan Ever Rettob.

Setelah upacara adat Kei di Woma El Hernar Wearlilir, Wabup Mimika diarak menuju Ohoi Faan, kampung kelahiran. Disana ratusan warga Faan sudah menunggu kedatangan Wabup Mimika beserta rombongan didepan pintu masuk Ohoi Faan dengan tarian adat Kei dan upacara adat.

Raja Faan, Patrick. Renwarin memimpin masyarakat Ohoi Faan menjemput secara  adat Kei Wabup Mimika. Penjemputan diawali dengan pengalungan bunga oleh kaum Perempuan Ohoi Faan dan ucapan selamat datang oleh  Orang Kai Ohoi Faan,  Edmundus Renwarin.

Selanjutnya penyambutan rombongan Wabup Mimika oleh Seniri adat Ohoi Faan, dengan pengalungan bunga dan tarian selamat datang dari Vat – vat Dit El Kanew Ohoi Faan.

Wabup bersama rombongan yang didampingi Plt. Sekda Malra diarak menunu pusat kampung ( woma ) Ellorngas Faan .

Di depan Balai Ohoi Faan atau memasuki pusat kampung, Wabup Mimika bersama rombongan dijemput dengan tarian panah oleh anak – anak Ohoi Faan yang dikenal dengan sebutan generasi muda Baran Ran Leis Vovot.

Rombongan Wabup Mimika kemudian berarak menuju pusat kampung ( woma ) Ellorngas Faan atau di kenal dengan kampung Raja untuk upacara adat Kei Tai Taroman dan pemasangan mas gelang adat oleh Kepala Ratshap Ohoilimtahit atau Rat Yab Faan, Patrick Renwarin.

Inti dari upacara adat Kei Tai Taroman yang dibawakan Raja Faan adalah para leluhur Evav selalu menjaga dan melindungi Wabup Mimika beserta rombongan selama berada di Kepulauan Kei.

Keseluruhan acara penjemputan secara adat Kei Wabup Mimika, Johanis Rettob, S.Sos, M.M ditutup dengan doa syukur dan berkat yang  dipimpin Pastor Paroki Faan RD. Jan Oratmangun.

Wabup Mimika Kunjungi Pemkot Tual Jajaki Kerja Sama

Wakil Bupati Mimika Papua, Johanis Rettob, S.Sos, esok harinya rabu ( 30/10/2019 ) menyambangi Pemerintah Kota Tual, untuk berdialog dan menjajaki kerja sama kedua pemerintahan di berbagai bidang salah satunya sektor parawisata dan budaya serta perikanan.

Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob, S.Sos ketika mendapat sambutan dari Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE di Kantor Walikota Tual, rabu ( 30/10/2019 )

Setelah tiba di Kantor Walikota Tual, Wabup Mimika dijemput secara langsung Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE bersama pimpinan OPD Pemkot Tual.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Balai Kota Tual, Wabup Mimika, Johanis Rettob, S.Sos mengaku kedatanganya di Kepulauan Kei untuk pulang kampung, sekaligus bersilahturahmi dengan berbagai stakholder di bumi Larvul Ngabal untuk membangun kerja sama diberbagai bidang.

Pertemuan bersama Pemkot Tual dan Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob, S.Sos di Kantor Walikota Tual, rabu ( 30/10/2019 )

“ Kehadiran saya di Nuhu Evav untuk pulang kampung sekaligus bertemu berbagai komponen masyarakat bersama Pemkot Tual dan Pemkab Malra untuk bertukar pikiran dan menjajaki kerja sama antara kedua pemerintahan dberbagai bidang “ ungkap Wabup Mimika.

Wabup mengaku dirinya datang  di Kei membawah 300 warga masyarakat berbagai suku yang selama ini tinggal dan mendiami Kabupaten Mimika, untuk menikmati pesona wisata alam dan budaya Kei, sekaligus menjajaki kerja sama Pemkab Mimika bersama Pemkot Tual dan Pemkab Malra di bidang parawisata dan perikanan.

Pertemuan bersama Wabup Mimika dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE bersama OPD Pemkot Tual, rabu ( 30/10/2019 )

“ Kami ingin bangun kerja sama, karena Kabupaten Mimika sebagai kawasan perikanan terpadu, skema 7,1,8 belum terhubung secara langsung dengan Kepulauan Kei  “ Tandas Rettob.

Wabup Mimika juga ingin menjajaki kerja sama di sektor Kependudukan, karena selama ini warga Kei yang mendiami Kabupaten Mimika masih tercatat sebagai penduduk musiman, sehingga terkendala pencatatan sipil kependudukan.

Pertemuan bersama Wabup Mimika dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE bersama OPD Pemkot Tual, rabu ( 30/10/2019 )

 “ Sebagian besar warga Kei yang tinggal di Mimika, penduduk musiman,masih terkendala pembuatan surat icin tinggal sementara karena sebagian besar belum memilik E-KTP “ ujarnya.

Wabup Mimika, Johanis Rettob dalam pertemuan bersama Wakil Walikota Tual dan pimpinan OPD PemKot Tual mengajak kedua pemerintahan untuk memperjuangkan perhubungan laut Kapal Feri lintas Sabuk Selatan Indonesia rute Mimika – Tual di Kementrian Perhubungan RI.

“ Perhubungan laut Kapal Feri lintas Mimika – Tual harus diperjuangkan, karena tidak lama lagi jalur perhubungan udarah pesawat terbang Mimika – Kei akan dibuka dan terhubung secara langsung, agar warga Kei di Mimika bisa pulang berlibur di kampung halamanya, sebaliknya akses ekonomi antara dua pemerintahan  bisa terbangun “ Jelas Rettob. ( team tual news.com )