Kei Besar Utara Barat & KKT Pecahkan Rekor Stunting Tertinggi di Malra

Langgur Tual News – Kecamatan Kei Besar Utara Barat dan Kei Kecil Timur ( KKT ), Kabupaten Maluku Tenggara,Propinsi Maluku berhasil memecahkan rekor angka stunting tertinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malra, dr. Ketty Notanubun kepada tualnews.com rabu ( 11/12/2019 ) membenarkan hal itu.

Video wawancara bersama Kadis Kesehatan Kabupaten Malra, dr. Ketty Notanubun, M.Kes

“ benar, berdasarkan data Puskesmas angka stunting tertinggi Kabupaten Maluku Tenggara ditemukan di kecamatan Kei Besar Utara Barat dan KKT “ ungkapnya.

Kata Kadis Kesehatan, angka stunting kecamatan Kei Besar Utara Barat mencapai 35,11 % dan Kei Kecil Timur berada di angka 34,78 %. Kemudian disusul kecamatan Kei Besar Selatan Barat 34,76 %, Kei Besar Utara Timur 31,44 % dan Kei Kecil Timur Selatan 30,03 %.

“  stunting Malra  sangat tinggi, angka ini akan terus bergerak dan tidak statis, sebab pengukuran yang dimaksud bukan hanya pengukuran berat badan balita, tapi juga panjang badan. Seorang anak setelah diketahui umum,  diukur berat dan panjang badan baru diketahui stunting atau tidak “ jelas Notanubun.

Untuk menurunkan angka stunting sesuai standar WHO 20 % dan nasional di tahun 2023 harus mencapai angka 19 % maka kata Kadis Kesehatan pihanya sedang menyusun rencana aksi penurunan stunting di Kabupaten Malra melalui DAK pusat di tahun 2020.

“ Saat rakerkesda nanti, saya akan ekspose contoh ada desa/ ohoi yang memperoleh angka stunting nol yaitu di Ohoi Rerean “ ujarnya.

( team tualnews )