Bupati Resmi Lantik Rahawarin Jadi Sekda Malra

Sekda Malra, Drs. Ahmad Yani Rahawarin, M.Si

Langgur Tual News – Bupati Malra, M. Thaher Hanubun secara resmi senin pagi ( 17/2/2020 ) di Kimson Centre Ohoijang, melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Malra, Drs. Ahmad Yani Rahawarin, M.Si.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun secara resmi senin pagi ( 17/2/2020 ) di Kimson Centre Ohoijang, melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Malra, Drs. Ahmad Yani Rahawarin, M.Si.

Pelantikan Sekda berlangsung aman dan lancar, tanpa ada gangguan kamtibmas, walaupun dijaga ketat aparat TNI – Polri.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dalam sambutanya mengingatkan kalau  yang sempurna hanya datang dari Tuhan Yang Maha Esa, namun sebagai orang Kei tetap harus memegang teguh falsafah para leluhur evav .

Video Bupati Malra melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekda Malra, Drs. Ahmad Yani Rahawarin, M.Si, di Kimson Centre Ohoijang, senin ( 17/2/2020 )

“ Kalau kita ikat persaudaraan ini menjadi satu sesuai falsafah leluhur evav ( Foing Fo Kut Ne Fau Fo Banglu vatu – red ), maka Insya Allah kebenaran akan hadir di negeri ini “ ungkapnya.

Menurut Bupati, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017, tentang manajemen pejabat Negeri Sipil, maka Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah memilih salah satu dari tiga nama calon Sekda Malra, untuk diusulkan kepada Gubernur Maluku dan ditetapkan sebagai Pejabat Tinggi Pratama.

“ seperti dibacakan tadi dalam surat keputusan ( SK ) Gubernur Maluku, pelantikan ini juga sebagai implementasi Perda 04 tahun 2019 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Malra yang telah disahkan beberapah waktu lalu  “ Jelasnya.

Video sambutan Bupati Malra, M. Thaher Hanubun

Kata Hanubun, Sekda adalah jabatan sangat penting dan strategis, dalam mengelolah manajemen pemerintahan. “ Proses jabatan Sekda Malra melalui perjalanan panjang dan sistematis, dimulai dari pembentukan pansel yang hari ini Ketua Panitia Seleksi hadir ditengah kita. Seleksi kompetensi, pengusulan tiga terbaik, hingga konsultasi dan koordinasi dengan Gubernur Maluku menghasilkan Sekda yang kompoten dan berintegritas serta dinilai mampu menterjemahkan kebijakan daerah yang termuat dalam RPJMD 2018 – 2023 “ tandas Bupati.

Dijelaskan, tiga terbaik yang terbaik itulah terbaik, bukan berarti yang lain tidak baik, tapi semua terbaik, karena mereka adalah putera terbaik Kabupaten Malra. “ Sekda hanya satu, sehingga saya pilih hanya satu “ katanya.

Sekda Malra foto bersama Bupati, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge dan Ketua Pansel

Bupati Malra menyampaikan terimakasi kepada Panitia seleksi jabatan pratama, karena telah meluangkan waktu dan pikiran dalam proses seleksi ini. “ Saya sungguh sadar penetapan Sekda Malra terpilih timbul pro – kontra, namun perlu saya ingatkan kalau Sekda adalah jabatan karier, tidak pada tempatnya mengaitkan jabatan Sekda pada kepentingan politik tertentu “ Ujarnya.

Kepada Sekda Malra, Ahmad Yani Rahawarin yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatan, Bupati berharap dapat mengemban amanah yang diberikan dengan baik, bekerja cepat dan inovatif serta  mampu mengoptimalkan perangkat daerah untuk mencapai target – target  pembangunan, mengoptimalkan SDM, termasuk koordinasi  pengelolaan keuangan daerah yang tepat sasaran.

“ Saya tegaskan kembali bahwa setiap tahun akan terus dilakukan evaluasi kinerja saudara bersama perangkat OPD lainya, kalau kinerja tidak tercapai maka saudara akan diberhentikan “ Tegas Hanubun.

Dikatakan, tantangan ke depan sangat berat,  karena target yang ingin dicapai adalah menurunkan angka kemiskinan dan target pembangunan lainya membutuhkan kerja keras semua komponen masyarakat.

“ Saya minta saudara Sekda dan seluruh jajaran agar jangan terpaku pada pekerjaan monoton, tetapi harus mampu menterjemahkan setiap kebijakan dalam rangka operasional kita “ pintahnya.

Bupati Hanubun mengajak semua pihak agar tinggalkan perbedaan dan mengedepankan falsafah orang Kei Manut Ain Mehe Tilur, Vuut Ain Mehe Ngifun ( katong semua bersaudara – red ).

Untuk diketahui Sekda Malra, Drs, Ahmad Yani Rahawarin, M.Si, sebelumnya menjabat Kepala Dinas Keuangan dan Pendapatan Daerah, Kabupaten Malra. Rahawarin mengikuti seleksi jabatan Calon Sekda Malra bersama delapan pimpinan OPD lainya. Sesuai hasil seleksi pansel, Ketua NU Kabupaten Malra itu masuk nominasi tiga besar Calon Sekda bersama Mohamad Ingratubun dan Arifin Rahayaan.

Turut hadir dalam pelantikan Sekda Malra, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE, Ketua DPRD Kota Tual, Ketua Pansel jabatan Pramata, Pimpinan bersama Anggota DPRD Kabupaten Malra, Forkopimda dan para pimpinan OPD Pemkab Malra.

Walaupun dijaga ketat aparat keamanan, namun proses pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan jabatan Sekda Malra berjalan aman dan damai.( team tualnews )