Kelurahan Ketsoblak Kota Tual Wakili Maluku & Papua

Ini Halte Baca Kelurahan Ketsoblak Kota Tual
Ini Halte Baca Kelurahan Ketsoblak Kota Tual

Tual News – Kelurahan Ketsoblak di Kota Tual, Propinsi Maluku, Senin ( 23/11/2020 ) mendapat kepercayaan untuk kedua kalinya mewakili Pertamina Mor VIII Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat sebagai nominator ketiga dari lima finalis kategori Cerdas Local Hero Award  yang diselenggarakan PT. Pertamina.

Kepala Kelurahan Ketsoblak, Andre Refra kepada tualnews.com, membenarkan keikutsertaan kelurahan yang dipimpinya sebagai nominator ketiga finalis Local Hero  Award yang diselenggarakan Pertamina.

“ Kami sudah dua kali masuk, yaitu tahun 2019 lalu dan ditahun 2020, masuk nominator ketiga finalis cerdas local hero untuk progrma CSR (Corporate Social Responsibility) “ Ungkapnya.

Kata Lurah Ketsoblak, konsep literasi baca yang diterapkan bagi masyarakat di Kota Tual, khususnya Kelurahan Ketsoblak  berlangsung sudah lima tahun.

“ Ini adalah keberhasilan program pemberdayaan CSR Pertamina yang bertujuan memperbaiki indeks pembangunan manusia ( IPM ). Kami sudah lima tahun terapkan konsep literasi baca, tahun ini kami kembangkan lagi taman literasi baca di kampung pelangi Wearhir, Kota Tual “ jelasnya.

Dikatakan, kampung pelangi sebelumnya ditetapkan sebagai kampung kawasan kumuh, dari dua belas kawasan kumuh yang ditetapkan Pemkot Tual.

“ Kampung pelangi Wearhir Kota Tual  yang adalah kawasan kumuh, kami sulap jadi taman literasi baca, tepatnya di RT 01 dan RW 01 “ Terang Lurah Ketsoblak.

Menyoal minat baca masyarakat, Refra mengaku sesuai data base intensitas kunjungan, sudah terdapat 400 lebih warga yang mendatangi taman baca yang dibuat.

“ Konsep literasi baca  Kampung Pelangi dimulai tahun 2020, namun perjalanan ruang baca sudah dilaksanakan sejak tahun 2015, kemudian dikembangkan jadi taman baca tahun 2016 dan halte baca di tahun 2017 “ Urainya.

Kata dia, sampai saat ini Kelurahan Ketsoblak sudah memiliki empat taman baca yang tersebar di beberapah RT masing – masing, RT 001 Pelangi, RT 007 SKB, RT 008 UN dan RT 005, serta halte baca di RT 005 dan depan SMP N 1 Kota Tual.

“ Kedepan kami akan kembangkan lebih banyak lagi, yakni satu RT, satu taman baca, bertujuan agar minat baca masyarakat di Kelurahan Ketsoblak yang sebelumnya minim, akan lebih ditingkatkan “ Ujarnya.

Terkait referensi buku bacaan bagi masyarakat yang datang berkunjung, Lurah Ketsoblak mengatakan, hingga saat ini sudah ada 900 lebih judul dan 450 buku serta 43.000 eksemplar lebih.

“ Kami berharap kedepan, konsep literasi baca tetap jadi icon Kelurahan Ketsoblak, sehingga dari luar orang bisa melihat dan berkaca wajah Ketsoblak sebagai literasi baca “  Harap Lurah Ketsobal Kota Tual, Andre Refra.

Untuk diketahui, tujuan program CSR pertamina yakni  membantu Pemerintah Indonesia memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM), melalui pelaksanaan program-program yang membantu pencapaian target pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDGs).

Berikut program CSR PT. Pertamina:

  1. Pertamina dan Pendidikan

Sebagai komitmen perusahaan untuk turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan untuk peningkatan akses komunitas terhadap pendidikan di tanah air, CSR Pertamina bidang Pendidikan melaksanakan sejumlah program yaitu Pertamina Scholarship (Beasiswa), Pertamina Youth Program – PYP (Edukasi Stakeholder muda), Pertamina Goes To Campus – PGTC (Edukasi kalangan akademis) dan Pertamina Competition.

  1. Pertamina dan Masyarakat

CSR Pertamina juga fokus dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur dan Program Pertamina Peduli Bencana Alam. Dalam pembangunan infrastruktur dilakukan perbaikan terhadap sarana umum seperti jalan, jembatan, MCK dan sarana air bersih.

3.Pertamina dan Kesehatan

Pertamina (Persero) secara konstan selalu menggarisbawahi pentingnya isu kesehatan anak dalam setiap program-program CSRnya. Komitmen ini diwujudkan dalam bentuk Program Operasi Anak Penderita Cacat Wajah.

4. Pertamina dan Lingkungan

Program CSR Pertamina di bidang Lingkungan ditujukan sebagai komitmen manajemen dalam rangka tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup dan pelestarian alam. ( TN )