Uskup Amboina Kunjungan Kanonik Pertama di Pulau Kei

Tual News – Pemimpin Gereja Katolik di Propinsi Maluku dan Maluku Utara, Mgr. P.C. Mandagi, MSC,  melaksanakan kunjungan Kanonik pertama tahun 2020 di Kepulauan Kei, tepatnya di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Kedatangan Uskup Diosis Amboina yang secara resmi diangkat Vatikan sebagai Kepala Keuskupan Agung Merauke, Jumat siang ( 13/11/2020 ), dijemput langsung Bupati Malra, M. Thaher Hanubun bersama jajaranya.

Pantauan tualnews.com, Bupati Malra, menjemput Uskup Amboina, tepat ditangga pesawat terbang Wings Air. Uskup Mandagi setelah menginjakan kaki di Bumi Larvul Ngabal, tampak Bupati Hanubun memegang payung dan berjalan bersama menuju tempat acara penjemputan.

Pada kesempatan itu, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, mengucapkan selamat datang kepada pemimpin kharismatik umat Katolik di propinsi Maluku, disertai penggalungan kain selendang.

Uskup Diosis Amboina, kemudian diperciki air kelapa muda lewat upacara penyambutan secara Adat Kei ( Rinin – red ) yang dipimpin Raja Faan, Patrick Renwarin, diiringi tarian adat penjemputan oleh siswa/i SMU Sanata Karya Langgur.

Kepala Keuskupan Agung Merauke itu kemudian, diantar ratusan umat Katolik, bersama Biarawan/i menuju Taman Ziara Yohanis Aerts MSC. Dalam perjalanan dari Bandara Karel Sadsuitubun Ibra menuju Kota Langgur, Uskup Amboina diterima secara Adat Kei, dengan penggalungan bunga dan tarian penghormatan oleh umat Katolik Stasi Sathean, Faan serta Wearlilir.

Uskup Mandagi beserta rombongan sebelum memasuki Taman Ziarah Yohanis Aerts MSC, secara resmi diterima diperempatan PLN Langgur dan diantar menggunakan tandu oleh delapan stasi Paroki Langgur. Selama perjalanan menuju taman ziarah, siswa/i SD dan SMP membentuk pagar hidup,  diiringi Tipa Gong dari Stasi Revav, Paroki Rumat.

Setelah sampai di Makam Yohanis Aerts dkk, Uskup Mandagi berdoa dan melakukan pemberkatan kepada umat Katolik, setelah itu diantar menuju Rumah Pastori Gereja Katolik Langgur.

Informasi yang dihimpun tualnews.com, sesuai jadwal kunjungan Kanonik Uskup Diosis Amboina selama berada di Kepulauan Kei yakni Sabtu pagi ( 14/11/2020 ), Uskup Mandagi, memimpin Perayaan Misa Krisma di Stasi Ohoiren, Paroki Ohoidertutu, di Kecamatan Kei Kecil Barat.  Kemudian dilanjutkan perayaan Misa Krisma sabtu sore di Stasi Kelanit,  Kei – Kecil.

Sementara pada Minggu ( 15/11/2020 ), Pemimpin Umat Katolik Maluku dan Malut ini menggelar Misa pagi di Stasi Ngilngof, Paroki Namar, Kecamatan Manyeuw, lalu Minggu sore pukul 15.00 WIT, perayaan Misa Krisma di Paroki Ohoijang, Kecamatan Kei – Kecil.

Selanjutnya sesuai jadwal, Uskup Mandagi akan melanjutkan kunjungan Kanonik pada sejumlah stasi dan Paroki diwilayah Kei Besar dan Kota Tual.

( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: