Ada Apa Konsul Jenderal Jepang Sambangi Natuna

Img 20221215 wa0007

Natuan, Tual News – Konsul Jenderal Jepang, Mr. Takonai Susumu, Ph.d, kamis ( 15/12/2022) pukul 12.30 – 13.00 WIB, mengunjungi Pemkab Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Berdasarkan Rilis Pers yang diterima dari Natuna menyebutkan, kunjungan kehormatan Konsul Jenderal Jepang itu diterima langsung Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos dan Wakil Bupati Rodhial Huda.

Konsul jenderal jepang kunjungi pemkab natuna, kamis 15 desember 2022
Konsul Jenderal Jepang Kunjungi Pemkab Natuna, Kamis 15 Desember 2022

Dalam kunjungan ini, Konsul Jenderal Jepang, Mr. Takonai Sasumu atas nama Pemerintah Jepang mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan kerja sama antara Pemerintah Jepang dan Indonesia.

Menurut Takonai, kunjungan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka sebagai kewajiban diwilayah kerja Indonesia termasuk Natuna.

” Selain itu agar kerja sama antara warga Jepang dengan masyarakat Indonesia tetap berjalan baik, sebab mayoritas masyarakat Indonesia beragam Islam dan merupakan penduduk muslim terbanyak di dunia sehingga kedepan akan tercipta silaturahmi yang baik khusunya tokoh-tokoh Agama bersama Pemerintah Jepang, “Ungkap Konsul Jenderal Jepang.

Selain itu kata Konsul Jenderal Jepang, mengatakan tujuan kedatangan kali ini untuk mendalami situasi di Kabupaten Natuna, karena kedepan Pemerintah Jepang akan memberikan bantuan sebesar +- 1 M yang akan disalurkan untuk melayani kebutuhan pendidikan, kesehatan dan juga bidang lingkungan.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si atas nama masyarakat dan Pemkab Natuna mengucapkan selamat datang kepada Konsul Jenderal Jepang Mr. Takonai Susumu, Ph.D di Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan ini, Bupati Natuna menyampaikan apresiasi, karena Konsul Jenderal Jepang memberikan kepercayaan kepada pemimpin pesantren di Natuna untuk hadir ke Jepang.

” demografis Natuna sangat strategis untuk sebuah kerjasama meskipun jauh dari pemerintah pusat, sehingga harapan besar kerja sama anatara Pemerintah Jepang dan Pemkab Natuna dapat berjalan baik, ” Harap Bupati Natuna.

Kata Bupati, mewakili masyarakat Kabupaten Natuna mengucapkan terimakasih atas kerja sama Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia atau KKP RI dalam hal pembangunan SKPT di Selat Lampa dan akan dibangun lagi pasar ikan.

” semoga cepat terealisasi pada tahun 2023, ” Harapnya.

Bupati Natuna berharap pasar ikan yang dibangun Japan International Cooperation Agency (JICA) segera terwujud dan bermanfaat untuk masyarakat Natuna dan SKPT di Selat Lampa bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pelabuhan.

Kepala Dinas Perikanan Natuna, Hadi Suryanto, S.Pi M.Si, mengaku terkait perkembangan SKPT dan juga adanya pelatihan pembelajaran tentang pengelolaan pelabuhan perikanan di Medan adalah bentuk kerja sama melalui JICA.

Dikesempatan ini Kadis perikanan dan kelautan Natuna merilis update perkembangan konsultan pengawasan perikanan tangkap di Kabupaten Natuna.

Kegiatan tatap muka ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Konsul Jenderal Jepang kepada Bupati Natuna dan juga sebaliknya, serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir dalam pertemuan bersama Konsul Jenderal Jepang, Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy, S.I.K., M.H, Kapala Bakesbangpol, Helmi Wahyuda, SE dan Kadis Perikanan Hadi Suryanto, S.Pi M.Si.

( Redaksi MTN)