Tempat Usaha BBM Milik Warga Tual Terbakar, Dua Alami Luka Bakar

Fb img 1674311534816

Tual News – Kebakaran kembali melanda salah bangunan tempat usaha penampungan bahan bakar minyak ( BBM ) milik warga Ohoi Mangon, Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, sabtu ( 21/1/2023 ) pukul 16.30 WIT.

Berdasarkan hasil investigasi tualnews.com, kebakaran yang terjadi membuat kepanikan warga masyarakat disekitarnya, karena hembusan angina kencang. Pemilik bangunan tempat usaha yang berprofesi sebagai sopir mobil tangki BBM Pertamina, Ali Matdoan ( 52 ) mengalami luka bakar pada sekujur tubuh, karena berusaha menyelamatkan uang dan harta benda penting didalam rumah.

Tempat usaha bbm dan air galon milik ali matdoan terbakar sabtu 21 januari 2023 di dusun mangon kota tual
Tempat Usaha Bbm Dan Air Galon Milik Ali Matdoan Terbakar Sabtu 21 Januari 2023 Di Dusun Mangon Kota Tual

Sementara saksi Fahmi Difinubun alias Nakula ( 17 ), pelajar SMA N 1 Tual juga mengalami luka bakar pada bagian telapan tangan sebelah kiri dan kanan.

Berdasarkan keterangan saksi mata di TKP menyebutkan kalau sekitar pukul. 15.00 WIT, pemilik tempat usaha penjualan BBM, Ali Matdoan tiba dengan mobil tanki pengangkut BBM lalu masuk kedalam tempat usaha/gudang penampungan minyak miliknya.

Kemudian sekitar pukul. 16.30 WIT, saksi yang bekerja sebagai penjaga depot air minum milik Ali Matdoan dipanggil bersama kondektur Samsul hendak melakukan perbaikan kran penyaluran pengisian BBM mobil tanki yang sudah berada didalam tempat usaha/tempat penampungan minyak.

Pada saat perbaikan itu, terjadi percikan dari arah MCB (alat pembatas listrik) yang terpasang pada tiang penyangga, berada dekat dengan mobil tanki BBM. Setelah terjadi percikan api dari arah MCB, saksi melihat posisi belakang mobil tanki sudah terbakar sehingga saksi bersama kondektur Samsul berlari keluar tempat untuk menyelamatkan diri.

Pemilik tempat usaha yang juga sopir tanki BBM Pertamina, Ali Matdoan saat itu hendak mengeluarkan mobil tanki, namun karena kondisi api sudah membesar dalam lokasi tempat usaha, sehingga Matdoan berusaha berlari menyelamatkan diri.
Disaat kebakaran, warga setempat melakukan upaya pertolongan dengan mengeluarkan barang – barang yang ada didalam lokasi kebakaran dan tempat usaha depot air minum. Kobaran api yang semakin membesar membuat kepanikan warga di Dusun Mangon Kota Tual.

Akhirnya berselang beberapah waktu kemudian, 10 mobil tangki air milik warga, dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran Kota Tual berhasiol melakukan pemadaman kobaran api yang sangat membesar tersebut.

Dua korban luka – luka saat terjadinya kebakaran sudah berada di Rumah Sakit Maren Kota Tual, guna memperoleh penanganan medis. Akibat kebakaran itu, satu rumah tetangga sebelah kanan milik Bapak Abu Ohoiyuf terbakar pada bagian teras, akibat angin kencang.

Hingga saat ini belum diketahui kerugian yang timbul dari kebakaran tempat usaha BBM dan air galon isi ulang tersebut, namun diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta, sebab yang ikut terbakar adalah satu tempat usaha isi air galong, sejumlah drum berisi BBM, puluhan kayu rep dan papan kayu besi, uang tunai Rp 4 juta serta satu buah mobil tangki BBM Pertamina milik Hi.Husein.

( Tim MTN )