Budayakan Bersih Lingkungan, TNI AL Angkat Sampah Dari Laut

Img 20230302 wa0021

Jakarta, Tual News – Dalam rangka menjaga kebersihan dan menjaga keindahan lingkungan laut, Kolinlamil melaksanakan pembersihan sampah yang tampak mengapung di sekitar dermaga Kolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (1/3/2023).

Kegiatan pengangkatan sampah laut yang dipimpin Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang bertujuan menerapkan budaya bersih di lingkungan Kolinlamil.

Img 20230302 wa0023

” Dengan lingkungan yang bersih dan rapi akan tercipta lingkungan yang sehat dan para prajurit menjadi lebih nyaman dalam beraktifitas, ” Ujarnya.

Menurut Yohanes, menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban bersama, termasuk kebersihan laut.

” Kebersihan laut menjadi sesuatu hal yang sangat berdampak bagi kehidupan manusia, selain sebagai investasi agar keindahannya bisa terus dinikmati dan kesehatan tetap terjaga, kebersihan laut juga menjadi faktor utama keberlangsungan hidup biota laut, ” Jelasnya

Dalam kegiatan ini, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan menghimbau seluruh prajurit dan jajarannya untuk selalu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat disekitar tempat tinggal maupun di lingkungan tempat kerja.

“Kebersihan lingkungan khususnya lingkungan laut harus sering kita sosialisasikan terus menerus ke berbagai lapisan masyarakat dalam berbagai kesempatan. Selain untuk menjaga kesehatan dan keindahan, budaya peduli akan kebersihan yang kita terapkan dapat dijadikan contoh bagi warga masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan aksi nyata untuk mewujudkan kebersihan lingkungan, ” Pintahnya.

Yayan mengaku semua pihak memiliki peran dan tanggung jawab yang sama untuk menciptakan lingkungan bersih, rapi, indah dan sehat.

Kepedulian untuk menciptakan laut yang bersih yang diprakarsasi oleh TNI AL yakni prajurit Kolinlamil dalam lingkungan kesehariannya, merupakan bentuk komitmen Kolinlamil untuk mewujudkan laut yang bersih dan sehat guna menjaga keberlangsugan ekosistem laut sehingga dapat diambil manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut adalah bagian dari tindak lanjut penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Perintah Harian Kasal agar seluruh Prajurit TNI AL dimanapun berada dapat memberikan manfaat untuk masyarakat disekitarnya.