Wisata ke Pasir Putih Terhalus Dunia di Pulau Kei, Bisa Jalan Tengah Laut Nikmati Pelikan Australia

Img 20230616 wa0010

TUAL NEWS.COM- Pernahkah anda mendengar Kepulauan Kei? Bagi yang sudah pernah ke sana atau pernah menelusuri kepulauan ini, pasti akan terkagum-terkagum dengan keindahan alamnya, terutama sensasi pantai dan pasir terhalus dunia.

Kepulauan Kei adalah salah satu kepulauan yang berada di Provinsi Maluku. Kepulauan ini melingkupi Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Kei selalu identik dengan pantai yang indah dan pasir yang halus. Sebut saja Pantai Ngurbloat (pasir panjang) yang sudah mendunia dan beberapa waktu lalu dinobatkan menjadi pantai dengan pasir terhalus di dunia.

Selain Ngurbloat, ada juga Pantai Ngursardanan, Pulau Bair, Pantai Ohoidertawun, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang mencuri perhatian wisatawan beberapa tahun terakhir ini adalah Pantai Ngurtavur.

Pantai Ngurtavur terletak di wilayah Laut Banda dan berada di Pulau Woha yang merupakan bagian dari Kepulauan Kei.

Ngurtavur merupakan hamparan pasir timbul yang memanjang sekitar 2 km dan menjorok ke lautan dengan lebar 7 meter.

Hamparan pasir timbul yang disebut Ngurtavur itu akan muncul bila air laut sedang surut, dan akan tertutupi air kembali ketika air laut mulai pasang.

Ketika berada di pantai ini, anda serasa sedang berjalan di tengah lautan luas namun sesungguhnya anda sedang berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi.

Selain berjalan di atas hamparan pasir, anda juga bisa berenang hingga snorkeling, menikmati air laut yang jernih dan segar.

Hal lain yang menarik dari Ngurtavur adalah, anda bisa menyaksikan dari kejauhan tampak kerumunan burung – burung berparuh kuning semu sedang berkumpul.

Rupanya, burung pelikan (Pelecanus) yang sedang bermigrasi dari Australia singgah di sini.

Keindahan tersebut nyaris membuat siapa saja terpesona dan serasa tak mau pulang.

Jam operasional Pantai Ngurtafur dibuka selama 24 jam sehari dan selama 7 hari seminggu. Namun untuk menuju Pantai Ngurtafur harus melihat pasang surut air laut, dan waktu terbaik yaitu ketika Bulan April-Mei atau Bulan Oktober-Desember.

Untuk sampai ke sini, anda dapat menumpangi kendaraan pribadi atau sewaan dari pusat Kota Langgur sekitar 20 menit ke Ohoi (Desa Debut), Kecamatan Manyeuw, Maluku Tenggara.

Dari Debut anda mengunakan speed boat dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dengan mengarungi lautan luas beratapkan birunya langit berpadu dengan birunya laut.

Tiket  mengunjungi Ngurtavur tidak dikenakan biaya sepeser pun, namun kamu harus mengeluarkan uang untuk menyewa perahu dengan kisaran harga sekitar Rp. 1jt per perahu yang dapat diisi oleh 8 hingga 10 orang