Empat Golongan Agama di Tanimbar Kei Jalan Adat  Datangi Langgur Antar Yelim 

Img 20230704 wa0025

Langgur, Tual News – Memasuki hari ke -15, acara prosesi adat kei di Kabupaten Maluku Tenggara dalam rangka mengantar Yelim (red: Bantuan) terus berjalan.

Terbukti, Selasa ( 4/7/2923), Pemerintah Ohoi Langgur dan panitia peresmian, penthabisan Gereja Santa Perawan Maria Hati Tak Bernoda, didatangi warga masyarakat Ohoi Tanimbar Kei, Kecamatan Kei Kecil Barat, mengantar Yelim.

Img 20230704 wa0020

Kedatangan masyarakat ohoi Tanimbar Kei, dari empat golongan agama yakni Katolik, Protestan, Islam dan Hindu dipimpin langsung Kepala Ohoi Tanimbar Kei Dalens Sarmav.

Kedatangan warga Ohoi Tanimbar Kei di sambut tarian penghormatan dari umat Lingkungan Kristoforus stasi Langgur (red: wearsten), mereka diterima pemerintah ohoi Langgur dan panitia, di lingkungan Petrus Canisius.

Setelah itu, pemerintah ohoi Langgur dan panitia,mengantar masyarakat Tanimbar Kei menuju Balai Ohoi Langgur untuk proses adat dan penyerahan Yelim.

Orangkay Langgur, HJS.Dumatubun menerima masyarakat ohoi Tanimbar Kei di balai Ohoi Langgur.

Dumatubun,mengatakan,pihaknya memberikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat Ohoi Tanimbar Kei yang telah datang membahwa Yelim untuk membantu masyarakat Langgur dalam rangka acara
peresmian dan penthabisan Gereja Santa Perawan Maria Hati Tak Bernoda Langgur baru tanggal 13 Juli 2023.

” Saya ucapkan terimakasih kepada toran orangkay dan masyarakat tanimbar kei, karena sudah datang membantu kami orang Langgur untuk peresmian dan penthabisan Gereja Langgur,terima kasih, ” Ungkapnya.

Kepala Ohoi Langgur mengakui, orang tanimbar kei adalah saudara umat langgur, begitu pula sebaliknya.

Kata Dumatubun, orang ohoi Tanimbar Kei,sudah menjadi Penduduk Langgur sejak dulu,dan selalu berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan di ohoi Langgur baik lewat lingkungan maupun rukun.

Sementara itu ,kepala Ohoi Tanimbar Kei,Dalens Sarmav kepada tualnews.com, memberikan apresiasi dan terimakasih kepada kepala Ohoi Langgur dan jajarannya,serta panitia yang telah menerima masyarakat tanimbar Kei di Ohoi Langgur.

“Luar biasa sore ini,kami diterima dari awal tadi sampai di balai ohoi, saya ucapkan beribu – ribu terima kasih kepada orangkay dan panitia,” Salut Dalens Sarmav.

Sarmav,mengaku kedatangan masyarakat Ohoi Tanimbar Kei,terdiri dari empat Agama yaitu umat Hindu, Katolik, Protestan dan umat Islam, untuk mengantar Yelim membantu basudara umat Katolik Langgur dalam peresmian gereja katedral.

” Kami yang datang antar yelim bantuan makanan dan minim di langgur, bukan saja umat Katolik,tapi juga umat protestan, islam dan Hindu,” Jelas Dalens Sarmav.

Selain Ohoi Tanimbar Kei yang mengantar Yelim, stasi Watran, Ohoi Semawi, Kelurga Ulis Gamgenora dan Marga Safsafubun ohoi Langgur.

Sementara itu sesuai jadwal panitia peresmian dan penthabisan Gereja Katolik Langgur pada hari ke 16, Rabu 5 juli 2023, menerima kedatangan umat stasi Lairkamor, ohoi Ngayub, ohoi Marfun,dan Marga Narwadan ohoi Langgur yang mengantar yelim.