Imigrasi Tual Tumbuh Bersama Media Lokal

Img 20230801 wa0021

Langgur Tual News – Media massa sebagai sarana komunikasi untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak secara cepat memegang peranan penting dalam membentuk opini masyarakat.

Oleh karena itu, perlu adanya kesamaan persepsi dalam berbagai bidang, khususnya di bidang keimigrasian.

Img 20230801 wa0020

Untuk mencapai tujuan itu, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual ( Kanim Tual ) menggelar Forum Group Discussion (FGD) bersama media dan jurnalis di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Senin ( 01 /8/2023).

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Aziz Rahajaan membuka kegiatan ini, sekaligus memaparkan materi terkait keimigrasian.

Dalam paparannya Rahayaan meminta media lokal bisa membantu membangun wawasan masyarakat dalam hal keimigrasian.

” Hal ini penting, sebab media punya berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Imigrasi,” Ujarnya.

Rahayaan mengaku, sosialisasi Keimigrasian hingga saat ini terus dilaksanakan hingga sampai di ibu kota kecamatan.

” Sosialiasi Imigrasi Tual sudah sampai di setiap Kantor Camat yang ada di Kepulauan Kei, dengan memasang X baner, brosur dan pamflet, ” Jelasnya.

Dia berharap nomor kontak yang ada disetiap Kantor Camat, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan pelayanan imigrasi.

” Kami terus maksimal berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,  bayangkan warga di pulau terluar, Kabupaten Maluku Barat Daya ( MBD ), kami terjun ke sana berikan pelayanan pasport dll, ” Terang Rahajaan.

Saat ini kata dia, Imigrasi mengedepankan pelayanan berbasis HAM dan pelayanan jemput bola, untuk melayani masyarakat di bidang keimigrasian.

” Pelayanan jemaah haji umroh, untuk pembuatan paspor, petugas Imigrasi langsung datangi dan antar, ” Kata Rahajaan.

Turut hadir dalam FGD ini, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tual, Sahlani Raharusun yang memaparkan materi terkait kependudukan.

Raharusun menjelaskan soal data-data kependudukan yang diperlukan dalam permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan agenda diskusi yang membahas peran media dalam hal keimigrasian.

Para jurnalis di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual berkomitmen bersama Imigrasi dan Disdukcapil akan saling berkolaborasi dan bertukar pikiran dalam hal pemberitaan berbobot sesuai kaidah jurnalistik.

” Kita harus bersinergi agar Kedepan, segala bentuk pemberitaan yang sampai di masyarakat dipertanggungjawabkan, ” Tandas Carakter perwakilan PWI Kota Tual, Abdullah Tusiek.

Dia mengapresiasi, diskusi bersama Imigrasi Tual, karena melibatkan unsur media yang ada di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

” Jalannya diskusi menarik, karena saran dan pendapat awak media dan jawaban dari Imigrasi maupun Disdukcapil dapat menyelaraskan pemahaman, guna memberikan edukasi kepada masyarakat, ” Ujarnya.

Forum ini ditutup dengan kesimpulan untuk bersama-sama membangun lingkungan berita yang bermanfaat bagi masyarakat.

Seluruh awak media berharap agar diskusi seperti ini dapat terus dilakukan dengan melibatkan instansi-instansi lain guna meningkatkan kualitas pemberitaan kedepannya.