Pj Bupati Malra : Sukses Pemilu 2024 Tanggungjawab Bersama

20231106 114618 scaled

Langgur, Tual News – Penjabat Bupati Maluku Tenggara, Drs Jasmono, M.Si menegaskan sukses pelaksanaan Pemilu 2024, adalah tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat di Bumi Larvul Ngabal.

Penegasan ini disampaikan Jasmono dalam amanatnya pada penandatanganan naskah hibah antara Pemkab Malra, DPRD bersama KPU dan Bawaslu di Aula Kantor Bupati Malra, Jumat ( 10 /11/2023).

” Pelaksanaan pemilu legislatif, pilpres dan pemilukada serentak 2024 adalah tanggung jawab kita bersama, tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah, TNI – Polri, KPU dan Bawaslu, ” Tegasnya.

Untuk itu Pj Bupati Malra menyampaikan beberapah hal penting sebagai himbauan kepada masyarakat Maluku Tenggara yakni semua komponen masyarakat diminta tetap menjaga stabilitas politik dan keamanan di daerah ini.

” Kita semua harus jaga kamtibmas aman dan kondusif, karena ini syarat mutlak secara nasional, dalam mensukseskan pelaksanaan agenda politik, tanpa stabilitas politik dan keamanan dijaga secara baik, tidak mungkin kita dapat laksanakan Pemilu 2024, ” himbaunya.

Menurut Jasmono, agenda politik ini adalah momentum sejarah untuk rakyat menentukan nasib daerah ini ke depan.

” Olehnya itu kamiĀ  himbau masyarakat, gunakan hak pilih dan hak konstitusional saudara – saudara, karena suara anda sangat menentukan masa depan bangsa dan negara serta daerah ini, ” Pintahnya.

Minta KPU dan Bawaslu Malra Gunakan Dana Hibah Secara Efisien

Penjabat Bupati Malra dalam penandatangan naskah perjanjian hibah daerah ( NHPD ) antara Pemkab Malra, Pimpinan DPRD, bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Maluku Tenggara minta agar anggaran tersebut digunakan secara efisien dan efektif dalam mensukseskan Pemilukada 2024.

” Penandatanganan NPHD, sebagai bukti dan komitmen Pemkab Malra untuk sukseskan pelaksanaan agenda politik 2024, ” Jelasnya.

Jasmono mengaku, sejatinya di tahun 2023, alokasi anggaran untuk pelaksanaan pemilu 2024 adalah 40 persen, namun mempertimbangkan kapasitas keuangan daerah, Pemkab Malra belum memenuhi target dan ketentuan tersebut.

” Namun, kami bersama DPRD komitmen untuk anggarkan sisa kebutuhan pelaksanaan pemilu kepada KPU dan Bawaslu di tahun 2024, ” Ujarnya.

Pj Bupati Malra berharap alokasi anggaran yang sudah diberikan kepada KPU dan Bawaslu, dapat digunakan secara efektif, dan efisien.

” Harus benar – benar anggaran itu digunakan dan dipakai dengan memperhatikan asas serta prinsip pengelolaan keuangan daerah, ” Pintanya.

Hibah Buat KPU Malra 41,8 M dan Bawaslu 9,5 M

Sementara itu atas komitmen Pemkab Malra dan DPRD, akhirnya menyetujui hibah anggaran sebesar Rp 51,3 miliar kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Maluku Tenggara, untuk menyukseskan Pemilukada 2024.

Dari total anggaran hibah sebesar itu, KPU Malra memperoleh hibah sebesar 41,8 M dari total anggaran yang diusulkan sebesar 68 M.

Sedangkan Bawaslu Kabupaten Malra memperoleh hibah dari Pemkab Malra sebesar 9,5 M dari total anggaran yang diusulkan sebesar 12 M.

Wujud kesepakatan tersebut dibuktikan melalui penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pj. Bupati Malra, Drs. Jasmono, M.Si, Ketua DPRD Malra, Minduchri Kudubun, Ketua KPU Malra, Basuki Rahmat Oat, dan Ketua Bawaslu Malra, Richardo Somnaikubun, di Aula Kantor Bupati Malra, Jumat 10 November 2023.