Polres Malra Gagalkan Pembakaran Gedung KPU

Img 20240313 wa0024

Langgur, Tual News- Polres,Maluku Tenggara Selasa ( 12 /3/2024) sekitar Pukul 17.00 WIT, berhasil menggagalkan Orang Tak Dikenal ( OTK) atas adanya insiden pembakaran Gedung Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Maluku Tenggara.
.
Dalam Rilis Pers yang diterima media ini, Rabu ( 13 /3/2024) menyebutkan keberhasilan ini berhasil digagalkan Aparat Polres Maluku Tenggara yang bertugas menjaga Gedung KPU Kabupaten Maluku Tenggara, sebab saat itu terpasang tanda larangan adat Kei atau dikenal dengan sebutan Sasi ( Hawear-red).

Kapolres Maluku Tenggara AKBP. Frans Duma S.P, dalam keterangan yang
kepada awak media membenarkan kejadian tersebut.

” Benar, telah terjadi upaya pembakaran gedung KPU Malra, namun dapat di gagalkan oleh aparat yang bertugas menjaga gedung tersebut yakni Polres Malra dan Brimob C Pelopor Polda Maluku, ” Ungkapnya.

Menurut Kapolres, tidak diketahui secara pasti, apa motif pembakaran gedung KPU tersebut

” Kami sedang melakukan olah TKP dan penyelidikan kejadian di maksud, ” kata AKBP. Frans Duma.

Kapolres mengakui, gedung Kantor KPU Malra saat kejadian dalam keadaan Sasi.

” Sebenarnya Anggota Polres Maluku Tenggara tetap laksanakan tugas
pengamanan dari luar pagar Gedung KPUD, namun melihat aksi OTK, petugas mengambil langkah cepat segera memasuki Gedung KPU guna memadamkan api dengan APAR yang telah disiapkan sesuai SOP pengamanan yang ada, ” Jelasnya.

Tindakan ini kata Kapolres Duma, wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran api yang lebih luas.

” upaya pembakaran yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut masuk unsur pidana, maka saat ini gedung tersebut telah di ambil alih Polres Malra dan Brimob, ” Tegasnya.

Melihat kesigapan Aparat Polres Maluku Tenggara, Sekretaris KPU Maluku Tenggara mengapresiasi kinerja Polres Maluku Tenggara dan jajaranya.

” KPU apresiasi Polres Malra yang sigap menggagalkan upaya pembakaran Gedung KPUKabupaten Maluku Tenggara, ” Salut Sekretaris KPU.

Hingga Press Release ini dikeluarkan, Penjabat Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono, M.Si didampingi Kapolres Maluku Tenggara dan Dandim 1503 Tual
menyaksikan prosesi adat Kei pencabutan Sasi ( Hawear-red) di Gedung KPUD Kabupaten Malra.

Pencabutan Sasi dipimpin langsung Orang Kay Langgur, Hyronimus Dumatubun.

Hingga saat ini situasi kamtibmas di Kabupaten Malra aman dan kondusif.