, , , , , ,

Warga Ohoi Tenbuk Menderita DD 2024, Akibat Ulah Mantan Pejabat  Belum Masukan LPJ DD 2023

Img 20240709 wa0004

Langgur, Tual News – Warga masyarakat di Desa / Ohoi Tenbuk, Kecamatan Kei – Kecil Timur ( KKT ), Kabupaten Maluku Tenggara saat ini mengalami penderitaan kemiskinan ekstrim cukup panjang.

Pasalnya, akibat perbuatan dan kinerja buruk Mantan Pj. Kepala Ohoi Tenbuk dan bendahara yang hingga kini belum memasukkan Laporan Pertanggungjawaban dana desa ( DD ) tahun anggaran 2023, akhirnya Pejabat Kepala Ohoi Tenbuk baru tidak dapat mencairkan DD Ohoi Tenbuk tahun anggaran 2024 yang sudah memasuki triwulan kedua Juli 2024.

Pj. Kepala Ohoi Tenbuk, Ibu Fitria yang dikonfirmasi, Media Tual News, via telepon selulernya, Senin ( 8 / 7 / 2024 ) membenarkan hal ini.

” Benar, Ohoi Tenbuk hingga bulan Juli 2024, belum bisa mencairkan DD 2024, karena terkendala LPJ DD tahun anggaran 2023 yang belum dimasukkan Mantan Pj Kepala Ohoi Tenbuk, ” Ungkapnya.

Kata Ibu Firia, yang juga ASN Kantor Camat Kei Kecil Timur itu dirinya baru menjabat Pj. Kepala Ohoi Tenbuk.

” Saya sudah berupaya lakukan pendekatan dan membangun koordinasi Kepada Mantan Pj. Kepala Ohoi Tenbuk untuk segera memasukkan LPJ DD 2023, namun hingga saat ini belum ada hasil, ” Jelasnya

Tak hanya itu, kata Fitria, Plt Camat Kei Kecil Timur juga sudah memberikan teguran keras melalui surat tertulis kepada Mantan Pj. Kepala Ohoi Tenbuk agar segera membuat dan memasukkan LPJ DD Ohoi Tenbuk tahun anggaran 2023.

” Bapak Plt Camat KKT surati tertulis resmi sebanyak dua kali dan undang Mantan Pj Kepala Ohoi Tenbuk dan yang bersangkutan sudah sanggupi untuk memasukkan LPJ DD Ohoi Tenbuk tahun anggaran 2023, namun hingga kini hasilnya belum ada, ” Sorotnya

Sementara itu Warga Ohoi Tenbuk menyoroti kinerja Dinas PMD Kabupaten Maluku Tenggara yang membuat perbedaan Ohoi anak emas dan perak di wilayah Kecamatan Kei – Kecil Timur.

” Perlu kami laporkan kepada Bapak Wartawan, di Kecamatan KKT terdapat empat Desa / Ohoi yang hingga kini belum memasukkan LPJ dana desa tahun anggaran 2023, namun mereka diberikan rekomendasi oleh Dinas PMD cairkan DD tahun anggaran 2024,'” Lapor Warga Ohoi Tenbuk, Dullah kepada media ini, Senin ( 8 / 7 / 2024).

Dullah menyoroti kinerja Dinas PMD bersama Inspektorat Kabupaten Maluku Tenggara yang tidak menegakan aturan, namun membuat kebijakan dan aturan sendiri dengan adanya anak emas ohoi dan anak perak.

” Kami minta tegakan aturan yang benar. Kalau 4 Ohoi di Kecamatan KKT belum masukan LPJ DD tahun anggaran 2023, tapi Dinas PMD keluarkan rekomendasi pencairan DD tahun 2024, lalu kenapa Ohoi Tenbuk diperlakukan tidak adil, ” Sorot Dullah penuh tanda tanya.

Plt Camat Kei – Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, Frits Wokanubun yang dikonfirmasi, tualnews.com via telepon selulernya, Senin ( 8 / 7 / 2024)  membenarkan Ohoi Tenbuk belum dapat mencairkan DD tahun anggaran 2023, karena Mantan pejabat Kepala Ohoi dan Bendahara belum memasukkan LPJ DD Ohoi Tenbuk tahun anggaran 2023.

” Benar, saya sudah panggil dan surati dua kali tegaskan kepada Mantan Pj Kepala Ohoi Tenbuk dan Bendahara segera memasukan LPJ DD tahun anggaran 2023, agar Pj Kepala Ohoi Tenbuk yang baru dapat cairkan DD Ohoi Tenbuk tahun anggaran 2024, ” Terang Wokanubun.