Bupati Tetapkan Pelantikan Kepala Ohoirenan Jadi Pilot Projeck di Malra

Langgur Tual News – Bupati Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, M. Thaher Hanubun secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Ohoi Ohoirenan, Julius Rahalus sebagai Kepala Desa definitif yang berlangsung di Balai Ohoi   Ohoirenan, Kecamtan Kei Besar Selatan, Kamis ( 17/10/2019 ).

FB IMG 1571314374860
Bupati Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, M. Thaher Hanubun secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Ohoi Ohoirenan, Julius Rahalus di Balai Ohoi   Ohoirenan, Kecamtan Kei Besar Selatan, Kamis ( 17/10/2019 )

Bupati Malra dalam sambutanya menegaskan pelantikan Kepala Ohoi Ohoirenan dijadikan sebagai pilot projeck atau percontohan bagi 192 desa di Kabupaten Malra.

“ Pelantikan yang terlaksana saat ini sangat aman, karena itu saya tetapkan momentum pelantikan Kepala Ohoi Ohoirenan sebagai pilot projeck bagi seluruh proses para kepala ohoi di daerah ini “ tegas Hanubun.

FB IMG 1571314414186
Bupati Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, M. Thaher Hanubun secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Ohoi Ohoirenan, Julius Rahalus di Balai Ohoi   Ohoirenan, Kecamtan Kei Besar Selatan, Kamis ( 17/10/2019 )

Bupati Malra minta agar hak menduduki jabatan kepala ohoi / desa harus benar – benar diberikan kepada orang yang memiliki hak sesuai amanat peraturan daerah ( perda ).

“ Saya memberikan apresiasi kepada Penjabat Kepala Ohoi bersama Badan Saniri Ohoi ( BSO ) Ohoirenan beserta seluruh masyarakat yang menjalin kerja sama yang baik, sehingga semua proses dan tahapan penjaringan dan pemilihan sampai pelantikan kepala ohoi definitif berjalan aman dan sukses “ Salutnya.

FB IMG 1571445388636
Bupati Malra bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Eva Hanubun dan Forkopimda ketika dijemput secara Adat Kei di Ohoi Ohoirenan, Kamis ( 17/10/2019 )

Bupati menjelaskan kalau saat ini dirinya telah menerbitkan peraturan Bupati Malra Nomor 605 tahun 2019 tentang pembentukan tim kewaspadaan dini daerah yang terdiri dari berbagai komponen pemerintah dan masyarakat meliputi Forkopimda, OPD Teknis, Camat, Raja dan Pemerintah Ohoi yang bertugas meningkatkan kewaspadaan pencegahan dan penanganan secara dini konflik sosial berbasis kearifan lokal dalam bingkai semangat Ain Ni Ain.

“ mekanisme kerja tim ini untuk merevitalisasi peran pranata sosial dan kelembagaan adat masyarakat dalam menangani permasalahan sosial secara berjenjang dari lingkup keluarga / mata rumah hingga jenjang yang lebih tinggi, sesuai ruang lingkup persoalan yang dihadapi “ Jelas Bupati Hanubun.

IMG 20191016 WA0023

Bupati Malra berpesan kepada Kepala Ohoi Ohoirenan yang baru dilantik, Julius Rahalus agar dapat mempersatukan  masyarakat dan menjadikan rakyat sebagai subyek dan obyek pembangunan untuk mewujudkan Ohoirenan yang maju dan sejahtera.

Kepala Desa Ohoirenan sebelum dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Malra, sebelumnya dikuhkukan secara adat melalui upacara adat Kei yang dipimpin Raja Loh Ohoitel, Ekan Refra di pusat kampung atau woma El Hernar Ohoirenan.

Kegiatan ini berlangsung meriah dan mendapat sambutan positif dari seluruh masyarakat Ohoi Ohoirenan. Turut hadir dalam acara pelantikan itu, Forkopimda Malra, para pimpinan OPD, Tokoh Agama, Adat dan masyarakat beserta insan Pers. ( team tualnews.com )    

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

%d blogger menyukai ini: