Pemeriksaan IVA Untuk Deteksi Kanker Serviks Jelang HUT Bank Maluku

Langgur Tual News – Menjelang peringatan HUT Bank Pembangunan Daerah Maluku ( BPDM ) Maluku dan Maluku Utaram ke 58 tanggal 25 Oktober 2019, BPDM cabang Tual bekerja sama dengan Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan Iva untuk deteksi penyakit kanker serviks di Puskesmas Watdek – Perumda, Sabtu ( 19/10/2019 ).

IMG 20191020 WA0002
Pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Vatdek – Ohoijang, Kabupaten Malra dalam rangka HUT BPDM guna mencegah penyakit kanker serviks sabtu ( 19/10/2019 )

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malra, dr. Kety Notanubun, M.Kes yang membacakan Bupati Malra  mengatakan kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti kaum perempuan, buktinya kanker serviks dan payudara merupakan pembunuh terbanyak bagi  perempuan.

Notanubun mengaku Kementrian Kesehatan telah mulai menjalankan program deteksi dini kanker rahim dan payudara sejak tahun 2007, namun belum berjalan secara optimal karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pencegahan penyakit mematikan itu.

IMG 20191020 WA0003 1
Deteksi dini kanker serviks jelang HUT Bank Maluku, sabtu ( 19/10/2019 )

“ Kita bersyukur dan berterimakasi karena BPDM peduli terhadap kesehatan perempuan dalam hal kanker serviks dan payudara “ tandasnya.

Dikatakan, kabupaten Malra telah melaksanakan deteksi dini kanker leher rahim sejak tahun 2015.

“ sejak 2015 sampai september 2019, sedikitnya 2.181 perempuan yang telah diperiksa, hasil yang didapatkan IVA positif sebanyak 14 orang, yang dilakukan tindakan rujukan cryoterapi di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur “ Ungkapnya.

IMG 20191020 WA0009
Foto Bersama Kepala BPDM Tual bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Malra di Puskesmas Vatdek – Ohoijang

Kata Kadis Kesehatan, hampir semua kanker leher rahim secara langsung berkaitan dengan infeksi,  sebelumnya dari salah satu atau lebih virus human papiloma.

 “ apabilah ditemukan kasus khususnya kanker leher rahim bisa dilakukan tindakan krioterapy, sebab ini adalah satu tindakan untuk menghilangkan sel – sel kanker pada tahap awal sebelum menyebar “ Ujarnya.

Notanubun berharap melalui program deteksi dini kanker rahim dan payudara, kaum perempuan di Malra bebas dari penyakit yang sangat mematikan itu.

Sementara Kepala BPDM Cabang Tual, Jonathan Mailoa mengatakan dalam rangka menyongsong HUT BPDM, pihaknya selain melaksanakan  pemeriksaan IVA di Puskesmas Ohoijang – Vatdek, BPDM juga menggelar kegiatan lomba mewarnai yang diikuti siswa/i TK di kota Tual tanggal 16 Oktober 2019.

“ tujuan kami melakukan pemeriksaan IVA agar bisa membantu dan mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks, sebab penyakit ini sangat berbahaya bagi perempuan  “ ungkapnya. ( team tualnews.com )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

%d blogger menyukai ini: