Raja Danar Kuhkuhkan Jamrevav Jadi Kepala Ohoi Isso, Camat & Penjabat Ngaku Tidak Tahu

Raja Danar, Abdul Gani Hanubun, S.Sos pada sabtu ( 30/11/2019 ) melaksanakan pengukuhan secara adat Kei, Vincentius Jamrevav sebagai Kepala Ohoi Definitif Ohoi Isso.

Langgur Tual News – Penjabat Kepala Ohoi Isso, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Malra, Irenius Tharob dan Camat KKT, Veky Renjaan mengaku tidak mengetahui acara pengukuhan secara Adat Kei,  Vincentius Jamrevav sebagai Kepala Ohoi Isso Definitif.

Pj. Kepala Ohoi Isso, Irenius Tharob ketika dikonformasi tualnews.com mengaku bersama masyarakat tidak mengetahui acara pengukuhan adat Kei yang dilaksanakan di kediaman Raja Danar.

Pengukuhan secara Adat Kei, Vincentius Jamrevav sebagai Kepala Ohoi Definitif Isso yang dilakukan Raja Danar di Ohoi Danar, sabtu (30/11/2019 )

“ Saya bersama masyarakat tidak mengetahui acara pengukuhan adat Kei tersebut “ ungkapnya ketika dihubungi via telpon selulernya.

Sementara Camat Kei Kecil Timur ( KKT ), Veky Renjaan ketika dikonformasi tualnews.com juga mengaku tidak mengetahui acara pengukuhan secara adat Kei yang dilakukan Raja Danar.

“ Saya ikut kegiatan di Ambon, baru pulang ke Langgur sabtu ( 30/11/2019 ), jadi tidak mengetahui acara pengukuhan secara adat Kei, Vincentius Jamrevav sebagai Kepala Ohoi Isso “ ungkapnya.

Raja Danar, Abdul Gani Hanubun, S.Sos pada sabtu ( 30/11/2019 ) melaksanakan pengukuhan secara adat Kei, Vincentius Jamrevav sebagai Kepala Ohoi Definitif Ohoi Isso.

Kata Camat KKT, walaupun sudah dikuhkuhkan secara adat Kei, namun proses dan mekanisme pencalonan Kepala Ohoi yang tidak melalui mekanisme aturan maka pasti tidak akan ikut serta dalam pelantikan Kepala Ohoi definitif oleh Bupati Malra.

Unuk diketahui ditengah polemik yang terjadi di Ohoi Isso terkait kisruh jabatan Penjabat Kepala Ohoi, yang belum tuntas diselesaikan Pemkab Malra, secara mengejutkan Raja Danar, Abdul Gani Hanubun, S.Sos pada sabtu ( 30/11/2019 ) melaksanakan pengukuhan secara adat Kei, Vincentius Jamrevav sebagai Kepala Ohoi Definitif Ohoi Isso.

Acara pengukuhan adat itu berlangsung di kediaman Raja Danar. Calon Kepala Ohoi Isso, Vincentius Jamrevav didampingi  keluarga menggunakan pakaian adat Kei selama prosesi adat  itu berlangsung.

Rat Vamur Danar memasang gelang adat Kei pada pergelangan tangan Vincentius Jamrevav sebagai tanda secara resmi dilantik secara adat Kei sebagai Kepala Ohoi Isso.

Kegiatan pengukuhan ini mendapat kecaman masyarakat. Salah satu warga Ohoi Isso yang minta namanya tidak dipublikasikan mengaku heran dengan langkah yang dilakukan Vincentius Jamrevav. “ Sekarang saya bertanya di Ohoi Isso belum ada BSO, lalu siapa yang angkat dan usul Calon Kepala Ohoi untuk dilantik dan dikuhkuhkan secara adat Kei “ kesalnya.

( team tualnews )