Cegah Virus Corona, Satu Warga Kota Tual Dalam Pantauan Puskesmas Tual

Share 8702 foto ilustrasi by net 20200305182814

Tual News – Dalam rangka melakukan pencegahan masuknya virus Corona di Kota Tual, Propinsi Maluku, Puskesmas Tual saat ini dilaporkan sedang melaksanakan pemantauan, satu warga Kota Tual yang masuk kategori Orang Dalam Pantauan ( ODP ).  

https://youtu.be/gGp711X9qq0
Video pernyataan Kepala Puskesmas Tual, dr. Rifai Kabalmay, dalam rapat perdana Gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona Covid 19  di Aula Kantor Walikota Tual, kamis ( 19/03/2020 ). ( dok-tualnews )

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Tual, dr. Rifai Kabalmay, dalam rapat perdana Gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona Covid 19  di Aula Kantor Walikota Tual, kamis ( 19/03/2020 ).

“ setelah kami terima laporan dari warga masyarakat, maka saat ini kami sedang pantau satu warga yang baru dari Jakarta, tinggal di Fidabot Kota Tual “ Lapornya.

Kepala Puskesmas Tual minta Satgas anti Virus Corona masuk di Kota Tual, agar mewaspadai Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) dan Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ), sebab sampai saat ini mereka tidak memiliki data terkait hal ini.

80718 gejala dan pencegahan virus corona coronavirus covid 19 1
Cegah Virus Corona, Satu Warga Kota Tual Dalam Pantauan Puskesmas Tual 3

“ Sampai saat ini kami tidak punya data ODP dan PDP, beruntung kami dapat ODP ini berdasarkan laporan warga masyarakat “ Ujar dr. Kabalmay.

kata dr. Kabalmay, pasca mendapat laporan warga masyarakat di Kota Tual, pihaknya turun langsung ke lapangan dengan peralatan apa adanya.

“ Jujur kami semua petugas kesehatan, siap satu kali dua puluh empat jam melakukan pelayanan kesehatan masyarakat, namun peralatan kesehatan seperti masker harus harus segera diperhatikan Tim Gugus tugas percepatan penanganan virus corona “ Pintah Kepala Puskesams Tual.

Ba00be82 cb86 4454 8a18 bb2b1e550f97
Cegah Virus Corona, Satu Warga Kota Tual Dalam Pantauan Puskesmas Tual 4

dr. Kabalmay juga meminta agar setiap Kapal yang masuk di Pelabuhan Tual, termasuka Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Kabupaten Malra, petugas Puskesmas dilibatkan dan harus data base warga Kota Tual yang tiba di Pelabuhan Tual dan Bandara menggunakan kapal laut serta pesawat terbang.

“ Kami minta agar setiap kapal dan pesawat yang masuk di Tual, Tim Satgas bisa memberikan data base nama warga dari Jakarta, agar bisa terpantau “ Harapnya.

Dikatakan,  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona harus membuka hotline nomor telpon / WA agar warga masyarakat dapat melaporkan kedatangan warga masyarakat dari Jakarta, termasuk peran aktif para Kepala Desa, RT / RW dan Kelurahan. ( team tualnews )