Kadis Kesehatan: Kami Sudah Karantina Satu Warga ODP Corona di Kota Tual

Tual News – Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, dr. Betty Soebadiah,  dalam rapat perdana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Covid 19  di Aula Kantor Walikota Tual, kamis ( 19/03/2020 ), membenarkan salah satu warga Kota Tual yang masuk kategori Orang Dalam Pengawasan ( ODP )

https://youtu.be/wCOWHiU6h34
Video penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, dr. Betty Soebadiah,  dalam rapat perdana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Covid 19  di Aula Kantor Walikota Tual, kamis ( 19/03/2020 ). ( dok-tualnews )

Hal ini dikatakan Kadis Kesehatan, menanggapi laporan warga masyarakat Kota Tual di Puskesmas Tual kalau salah satu warga Kota Tual masuk kategori orang dalam pemantauan ( ODP ).

“ Jadi ODP itu asalnya dari daerah terjangkit Virus Corona, dia belum menunjukan gejalah Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ), namun kami sudah karantina yang bersangkutan “ Ungkapnya.

11 pasien odp virus corona di depok dinyatakan negatif

Kadis Kesehatan Kota Tual, mengaku salah satu warga Kota Tual yang masuk ODP saat ini, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, dan dilaporkan kepada Pemprop Maluku.

“ Selama menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, ini yang kita khawatirkan, karena kami belum memiliki peralatan medis lengkap. Coba dibayangkan kalau hasil yang turun ODP ini positif, bagaimana dengan orang atau keluarga yang datang menjenguk “ tandasnya.

Kata Kadis Kesehatan, orang – orang yang mendekati ODP nantinya akan diperiksa dokter.

download 14

“ Kami khawatir kalau ODP salah satu warga Kota Tual sesuai hasil laboratorium turun positif, bagaimana cara evakuasi ? gunakan pesawat udarah mana atau kapal laut apa  ?  “ ujarnya.

Kadis Kesehatan Kota Tual minta agar Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Covid 19 di Kota Tual dapat merekomendasikan kepada Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag agar untuk sementara waktu menghentikan perjalan dinas para Pejabat Pemkot Tual ke luar daerah.

“ Termasuk rekomendasi agar para pejabat yang baru pulang dari Jakarta, khususnya daerah terjangkit virus Corona harus mendapat karantina khusus dalam rangka pencegahan “ Pintah dr. Betty Soebadiah.

Kadis Kesehatan berharap, untuk mencegah Virus Corona, warga Kota Tual, Propinsi Maluku harus perbanyak minum vitamin C dan madu.

( team tualnews )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: