Sekda Malra Akui 64 Ohoi Sudah Cair Dana BLT

Tual News – Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Maluku Tenggara, Drs. Yani Rahawarin, kepada Pers senin ( 04/5/2020 ) mengakui sampai saat ini 64 Desa / Ohoi di Kabupaten Malra, Propinsi Maluku sudah mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai ( BLT ).

“ Sudah 64 Ohoi cair dana BLT, yang lain masih ikuti proses pencairan dana itu untuk dibagikan kepada masyarakat “ Ungkapnya.

Video wawancara bersama Sekda Malra, Drs. Yani Rahawarin

Menyoal tentang mekanisme penyaluran dana bansos itu ditengah pandemi covid-19, Sekda Malra menegaskan masyarakat yang sudah memperoleh dana bantuan BLT, tidak boleh menerima lagi dana bantuan PKH.

“ Data warga penerima bansos dari Dinas Sosial baik BLT dan PKH sudah diberikan kepada para Camat, sehingga Camat akan sampaikan itu kepada setiap Ohoi masing – masing “ ujarnya.

Kata Sekda bagi Ohoi yang belum mencairkan dana BLT, pasca turunya surat Menteri Desa, maka harus menyesuaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Ohoi ( APBO ) untuk memasukan didalam APBO – Perubahan 2020.

“ Saya sudah instruksikan para Camat untuk memberikan data dari Dinsos kepada para Kepala Ohoi “ Tandas Rahawarin.

Ketika ditanya tentang ada oknum Kepala Ohoi yang membagikan dana BLT kepada masyarakat penerima hanya sebesar Rp 250.000,-, Sekda Malra minta kalau ada temuan itu dilapangan maka masyarakat harus segera melaporkan.

“ Sesuai aturan Permen, satu Kepala Keluarga ( KK ) penerima BLT sebesar Rp 600.000, per bulan “ Jelasnya. ( team tualnews )