Ratusan ASN dan Guru Berkebun Diatas Lahan 11 Ha Pemkab Malra

Tual News – Ratusan Aparatur Sipil Negara ( ASN ) dan para tenaga pendidik Guru, Sabtu ( 11/07/2020 ) turun melaksanakan actifitas berkebun didepan lahan kosong Pemkab Malra seluas 11 hektare. Aktifitas berkebun yang diberi nama Vee Kes Yang ( berkebun sebagai bekal anak cucu -red ), dilaksanakan demi menjamin ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Pantauan tualnews.com, kegiatan pencanangan kebun Kes Yang, dipimpin langsung Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Sekretaris Daerah ( Sekda ) Malra, Drs. Ahmad Yani Rahawarin beserta semua pimpinan SKPD.

Dalam pengolahan lahan dan penanaman berbagai tanaman pangan lokal seperti ubi kayu ( kasbi ), ubi jalar ( petatas ), dan kacang – kacangan itu, setiap OPD Pemkab Malra telah dibagi areal tanam masing – masing.

Dinas Pendikan Kabupaten Malra misalnya, memperoleh alokasi lahan tanam seluas tiga hektare yang dibagi habis kepada semua jenjang pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA/SMK

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dalam arahanya mengaku, keberadaan kebun kes yang  sebagai strategi Pemkab Malra mendorong ASN dan masyarakat memanfaatkan lahan tanah kosong Pemkab Malra untuk bercocok tanam.

“ Selain itu kegiatan penanaman ini untuk mengetahui batas – batas tanah Pemkab Malra yang akan ditanami mangga “ katanya.

Kata Bupati Malra, Kebun Kes Yang selesai digarap di Kei – Kecil, maka akan dilanjutkan pembukaan kebun ASN dan masyarakat di Kei Besar.

Untuk diketahui, dalam menjaga dan menjamin ketahanan pangan di Kabupaten Malra, Pemkab Malra telah menggarap lahan kebun dibeberapah lokasi masing – masing, di Desa / Ohoi Ellar Let, Kecamatan Kei – Kecil Timur Selatan seluas lima hektare, Ohoi Semawi, Kecamatan Kei Kecil Timur, lima hektare, Polres Malra satu hektare, dan lahan kosong depan Kantor Bupati Malra seluas 11 hektare.

Kondisi lahan tanah di Kantor Bupati Malra adalah tanah bercadas bebatuan sehingga para penyuluh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian harus mengintervensi tanah pertanian dengan baik sebelum ditanami tanaman pangan lokal seperti kasbi, petatas dan kacang – kacangan. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: