Kota Tual 167 Kasus Covid-19, Empat Meninggal

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Propinsi Maluku, dr. Martin Tinjojoi, yang didampingi Kasi P2PTM Dinkes Tual, Arfah Seknun, dalam keterangan kepada tualnews.com, Senin ( 11/01/2021 )
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Propinsi Maluku, dr. Martin Tinjojoi, yang didampingi Kasi P2PTM Dinkes Tual, Arfah Seknun, dalam keterangan kepada tualnews.com, Senin ( 11/01/2021 )

Tual News – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual di Propinsi Maluku, dr. Martin Tinjojoi, mengungkapkan total kasus Covid-19 Kota Tual sampai 05 Januari 2021, tercatat 167 kasus, empat dinyatakan  meninggal terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini diungkapkan Plt Kadis Kesehatan Kota Tual ketika dikonfirmasi tualnews.com, Senin ( 11/01/2021 ).

“ Sampai saat ini pasien Covid-19 Kota Tual yang meninggal dan dimakamkan sesuai protokol penanganan jenasah Covid-19 sebanyak empat orang. Dari empat orang itu, tiga warga KTP Tual, sedangkan satu warga KTP Kabupaten Fak- Fak, Papua “ Ungkap dr. Max yang didampingi Kasi P2PTM Dinkes Tual, Arfah Seknun.

Kadis merinci hingga saat ini di Kota Tual terdapat 167 kasus Covid-19, dan yang sementara mendapat perawatan isolasi khusus di RSUD Maren Kota Tual sebanyak satu petugas kesehatan.

“ sejak awal tahun saya langsung lakukan inspeksi mendadak di Farmasi Kesehatan, untuk memastikan ketersediaan obat dan sarana prasarana alat pelindung diri ( APD ) bagi petugas kesehatan dan Tim Covid-19 “ ujarnya.

Kata dia, dari hasil inspeksi itu stok masih tersedia untuk penanganan pasien Covid-19 di RSUD Maren Kota Tual.

Ketika ditanya evaluasi Dinkes Kota Tual atas penanganan dan pencegahan Covid-19, Kadis mengakui masih banyak resistensi informasi, sehingga banyak masyarakat mendukung, tapi banyak warga yang tidak percaya Covid-19.

“ Selama ini saya amati secara nyata, ada yang mendukung, tapi ada juga yang tidak percaya Covid-19, sehingga ini tantangan yang dihadapi. Olehnya itu kami himbau masyarakat patuhi protokol kesehatan 3M ( mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak “  himbaunya.  ( TN )