Ratusan Anak Ikut Lomba Baca Al-Qur’an Hasyim Rahayaan

Ratusan anak dan remaja di Kota Tual, propinsi Maluku, senin malam ( 03/05/2021 ), mengikuti lomba baca dan hafal Kitab Suci Al-Qur’an, Hasyim Rahayaan, SH
Ratusan anak dan remaja di Kota Tual, propinsi Maluku, senin malam ( 03/05/2021 ), mengikuti lomba baca dan hafal Kitab Suci Al-Qur’an, Hasyim Rahayaan, SH

Tual News – Ratusan anak dan remaja di Kota Tual, propinsi Maluku, senin malam ( 03/05/2021 ), mengikuti lomba baca dan hafal Kitab Suci Al-Qur’an, Hasyim Rahayaan, SH.

Pantauan tualnews.com, kegiatan yang berlangsung di rumah kediaman Rahayaan, di Dusun Mangon Kota Tual, diikuti 183 anak dan remaja, mengambil tema “ mengisi bulan suci ramadhan yang penuh berkah bersama generasi Qur’ani dan menyambut malam lailatul Qodar “

Ketua MUI Tual : Bulan Ramadhan Wujud Perbaiki Iman

Para Dewan Hakim yang bertugas menilai ketangkasan anak dan remaja Kota Tual dalam lomba baca Al-Qur’an dan MHQ tingkat anak dan remaja masing – masing, Hafis Fahmi, selaku Ketua Dewan Hakim, beranggotakan Abdulrahman Rahayaan, AR Renhoat, Hj. Mariam Rahanyamtel, Hj. Halima Rahanyamtel, dan Nurani Seknun.

Hasyim Rahayaan, SH selaku Ketua Umum Majelis Dzikir Al-Khasyim Kota Tual kepada tualnews.com, membenarkan kegiatan lomba baca Al-Qur’an dan MHQ, tingkat anak dan remaja diikuti 183 peserta.

“ Jadi ini lomba baca sekaligus hafal Al-Qur’an berbagai tingkatan dan kategori sampai 30 jus “ Ungkapnya.

Kata dia, awalnya panitia penyelenggara menargetkan kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu, namun karena berada di bulan suci Ramadhan, sehingga berlangsung selama tiga hari sampai tengah malam.

“ Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan iman, amal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, melalui baca dan hafal Al-Qur’an. Namun kembali kepada dasar pelaksanaan, ini adalah wadah membangun kebersamaan, tidak ada unsur politik “ Jelas Rahayaan.

Walikota Tual : MTQ Jangan Jadi Proyek

Ketua Partai Demokrat Kota Tual yang juga Anggota DPRD Kota Tual mengaku kegiatan yang dilaksanakan demi kepentingan umat dan memotifasi anak dan remaja untuk lebih mencintai Al-Qur’an.

“ kami berharap pelaksanaan MTQ tingkat Kota Tual yang diselenggarakan di PP Kur, pertengahan Mei 2021, dapat memberikan motifasi kepada peserta untuk bertanding disana, bila perlu mewakili Kota Tual pada event MTQ tingkat Propinsi Maluku “ Harapnya.

Menurut Rahayaan, hal ini dilakukan, karena potensi anak dan remaja di Kota Tual sangat besar, sehingga melalui pembinaan dan perlombaan yang dilaksanakan, ke depan dibatasi peserta MTQ yang direkrut dari luar daerah.

“ Peminat baca Al-Qur’an di Kota Tual sangat banyak, sehingga potensi ini digali, bukan hanya di kalangan generasi Islam, tapi juga Katolik dan Protestan “ Terangnya.

Bupati Malra Bangga Orang Kei Juara Mata Lomba MTQ Maluku

Kata dia, panitia telah menyiapkan hadiah berupa sedekah kepada 40 anak dan remaja yang terpilih.

“ Kami berikan spirit kepada 40 pemenang terbaik berupa uang tunai, dan juga 24 piala, hadiah kitab suci Al-Qur’an serta piagam penghargaan “ Ujarnya.

Rahayaan berharap di bulan Ramadhan, dapat mengajak seluruh umat Islam untuk membenahi diri dalam beribadah dan tetap mencintai Al-Qur’an.

Sementara itu Ketua Dewan Hakim, Ustad Hafis Fahmi, membenarkan peserta yang mengikuti lomba baca Al-Qur’an dan MHQ Hasyim Rahayaan sebanyak 183 peserta.

ADAT, KUBNI, AGAM Melestarikan Budaya, Memelihara Iman,dan Memperkuat Persaudaraan

“ Dua kategori lomba anak dan remaja, dengan berbagai tingkatan kategori yakni Tadarus dan MHQ, serta hafal Al-Qur’an dari satu jus, lima jus, sepuluh jus, dua puluh jus serta tiga puluh jus “ Jelasnya.

Kata Hafis, dari hasil pemantauan pelaksanaan selama kegiatan berlangsung, grafik kwalitas anak dan remaja Kota Tual dalam baca Al-Qur’an dan MHQ, dari tingkat kelancaran diatas rata- rata.

“ Kwalitas anak dan remaja Kota Tual baca dan hafal Al-Qur’an sangat luar biasa “ Ujarnya.

Ketua Dewan Hakim berharap, kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan di masa mendatang, sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan iman generasi Islami di Kota Tual. ( TN )