Tak Maksimal Serap Anggaran, DPRD Minta Pemkot Prioritas Dokter Spesialis

Tual News – DPRD Kota Tual di Propinsi Maluku menilai penyerapan anggaran Dinas Kesehatan Pemkot Tual tak maksimal, terbukti keseluruhan program pada urusan wajib pelayanan dasar di RSUD Maren dan Puskesmas yang tersebar di lima kecamatan belum berkorelasi terhadap peningkatan pelayanan mutu kesehatan masyarakat, olehnya itu diminta kepada Pemkot Tual untuk  memprioritaskan anggaran pendidikan bagi tenaga dokter umum ASN menjadi dokter spesialis.

DPRD: Kekurangan Tenaga Guru di Kota Tual Masalah Klasik

Hal ini tertuang dalam rekomendasi DPRD Kota Tual terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ ) Walikota Tual tahun anggaran 2020, dibacakan Sekretaris DPRD Kota Tual ( Sekwan ) pada rapat paripurna DPRD minggu kemarin.

Menurut DPRD, penyerapan anggaran Dinkes yang  belum maksimal, terlihat dari alokasi anggaran belanja langsung sebesar Rp 59.801.122.592, realisasi anggaran Rp 54.262.425.500.80, atau 90,70 %, dengan sisa anggaran Rp 5.538.697.091.20.

“ Penyerapan anggaran yang tidak maksimal, sangat berkorelasi terhadap tingkat mutu pelayanan masyarakat “ Tandasnya.

DPRD Tual Rekomendasi Walikota Copot Kadis Perikanan

DPRD Kota Tual mengakui, minimnya ketersediaan tenaga kesehatan ( dokter, bidan dll ) pada puskesmas dan Puskesdes di lima kecamatan Kota Tual, merupakan permasalahan yang belum ada solusinya oleh Pemkot Tual.

“ Padahal rekomendasi dimaksud adalah aspirasi masyarakat, yang selalu disampaikan DPRD pada tahun – tahun sebelumnya “ Ujarnya.

Untuk itu DPRD merekomendasikan kepada Pemkot Tual melalui Dinas Kesehatan, untuk kedepan segera memprioritaskan anggaran guna menjawab tuntutan  ketersediaan tenaga kesehatan yang akan ditempatkan pada pusat pelayanan masyarakat.

Sekda Baca LKPJ 2020, Ada Lima Prestasi Kota Tual

“ Dinkes harus prioritas program pendidikan lanjutan Dokter umum ASN menjadi dokter spesialis “ Pintahnya.

DPRD Kota Tual berharap, Puskesmas di tiga kecamatan diwilayah pulau harus mendapat perhatian pelayanan dan pembangunan fisik.

“ Puskesmas di pulau – pulau masih terdapat kekurangan fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendukung lain, seperti instalasi perpipaan, ketersediaan sumber air bersih, serta pembangunan fisik yang masih harus diperbaiki “ Sorotnya.

Sekda Kota Tual Berharap DPRD Selesaikan Empat Ranperda

Selain itu DPRD juga meminta Dinas teknis lebih intensif melakukan pengawasan terhadap kinerja tenaga medis ( dokter ) pada semua Puskesmas, mengingat banyak keluhan masyarakat datang dari pelayanan dokter yang lamban melayani pasien.( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: