Kodim 1503 Tual Gelar Komsos Prokes Covid-19

Tual News – Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, Kodim 1503 Tual mengelar kegiatan komunikasi sosial bersama seluruh komponen masyarakat di Ohoi Namar, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Malra, Jumat ( 9/7/2021 ).

Koramil Elat Bantu Warga Kei Besar Bangun Jalan Setapak

Kegiatan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 yang mengusung Tema,  Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa, dihadiri Dandim 1503 Tual, Letkol Inf Mario Christian Noya, Camat Manyeuw, Natalia Watratan, S.I.P, Kepala Ohoi Namar, Antonius K. Sirwutubun, Imam Ohoi Selayar, Nurdin Harbelubun, dan komponen masyarakat lainya dari Ohoi Debut, Rumadian, Ngilngof, Lairngangas, Ngayub dan Ohoiluk.

Letda M. Renyaan, dalam paparan materi tentang optimalisasi pembentukan posko Mikro dalam penanganan pandemi Covid 19, menjelaskan tentang mekanisme pembentukan PPKM mikro, sampai tingkat koordinasi dan pengawasan.

Menurut Renyaan, pembentukan  posko tingkat desa dan kelurahan bagi wilayah yang belum membentuk posko,  maupun  Ohoi  yang telah membentuk posko,  bertujuan  agar mengoptimalkan peran fungsi serta memastikan pelaksanaan pengendalian pada tingkat mikro di skala rukun tetangga.

Babinsa Kodim 1503 Tual Bantu Kerahkan Warga Ikut Vaksin

“ Untuk survei dan pelaporan posko tingkat desa dan kelurahan dibentuk posko kecamatan, bagi wilayah yang belum membentuk posko kecamatan dan terhadap wilayah yang telah membentuk posko kecamatan, agar lebih mengoptimalkan peran dan fungsinya “ Pintah Renyaan.

Dikatakan, pelaksanaan khusus untuk posko tingkat desa,  dapat menetapkan  perubahan regulasi dalam bentuk peraturan desa,Peraturan kepala Desa dan keputusan kepala desa.

“ Posko tingkat desa dan kelurahan sebagaimana dimaksud adalah lembaga yang dibentuk untuk menjadi posko penanganan covid 19 di tingkat desa dan kelurahan memiliki empat fungsi yaitu: pencegahan,  penanganan, dan pembinaan “ Jelasnya.

Satgas Kodim 1503 Tual Sosialisasi Prokes 4M

Camat Mayeuw, Natalia Watratan, pada kesempatan itu mengucapkan terimakasi kepada Dandim 1503 / Tual bersama jajaranya yang memberikan perhatian khusus kepada masyarakat di wilayah yang dipimpinya.

“ Untuk cegah Covid-19, kami dari pemerintah kecamatan dan ohoi sudah melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak “ Lapor Camat Manyeuw.

Watratan, mengaku tahun 2021,  ada anggaran yang dialokasikan dari dana Ohoi sebesar 8%,  diperuntukan bagi  penanganan covid-19.

“ dana covid-19 untuk Ohoi  kemarin sudah dibagikan, di wilayah kecamatan Mayeuw,  salah satunya ohoi Namar sudah membentuk posko PPKM “ Jelasnya.

Kata Camat Manyeuw, dari hasil evaluasi,  untuk kegiatan posko PPKM, akan fokus  pengadaan masker, sabun cuci tangan, dan obat-obatan.

Puskesmas Tual Tutup, Delapan Nakes Positif Covid-19

“ Ohoi Rumadian sudah ada empat orang masyarakat terpapar covid 19, satu orang meninggal dunia dan tiga lainnya masih dalam proses perawatan. Kami berharap, tidak ada lagi masyarakat di ohoi-ohoi lainnya terpapar covid 19, prokes harus diterapkan secara disiplin dan ketat “ Harap Camat Manyeuw.

Kepala Ohoi Rumadian, minta Dinas Kesehatan untuk segera melakukan sterilisasi empat rumah masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara Badan Saniri Ohoi ( BSO ) Ohoililir,  berharap ada Tim Covid-19 yang ditempatkan di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, sehingga pengunjung yang datang dari diluar daerah sebelum mengunjungi tempat wisata pasir panjang Ngilngof dan Ohoililir, mendapat pemeriksaan intensif.

Pastor Paroki Namar, menyampaikan terimakasi kepada Dandim 1503 Tual dan jajaranya yang bekerja keras, mensosialisasikan prokes Covid-19 kepada masyarakat.

“ Setelah kami dengar arahan bapak  Bupati Malra dan  Dandim 1503 serta Bapak Kapolres Tual,  beberapa waktu lalu,  kami langsung menutup tempat ibadah atau meniadakan kegiatan peribadatan di stasi yang kami pimpin “ Lapor Pastor Paroki Namar. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: