Kolaborasi JAPFA dan Yayasan Dokter Peduli Atasi Permasalahan Gizi Kei Besar

Tual News – Sebanyak 513 siswa dari enam sekolah dasar di Desa Elat, Kecamatan Kei Besar, Maluku Tenggara mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma, JAPFA berkolaborasi dengan Yayasan Dokter Peduli atau Doctor SHARE Foundation, sebuah lembaga nonprofit yang memiliki misi kemanusiaan serta memberikan akses dan layanan kesehatan di pulau terpencil Indonesia.

Berdasarkan Rilis Pers, JAPFA kepada tualnews.com, Senin (28/03/2022), menjelaskan, penjaringan kesehatan yang dilakukan merupakan langkah awal PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dalam mengatasi permasalahan gizi di wilayah tersebut melalui rangkaian kegiatan sosial bertajuk JAPFA for Kids.

Kata JAPFA, Pulau Kei Besar merupakan salah satu pulau dalam kategori 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Bentang alam Pulau Kei Besar yang menantang untuk diolah membuat hasil pertanian pulau tersebut sebagian besar harus didatangkan dari pulau tetangga. Kondisi tersebut membuat masyarakat terutama anak-anak di Pulau Kei Besar menghadapi ancaman gizi buruk.

“ Berdasarkan pengalaman kami selama memberikan pelayanan kesehatan di Pulau Kei, kasus gizi buruk yang ditangani cukup banyak. Permasalahan utama di Pulau Kei yakni pola konsumsi makanan bergizi seimbang yang masih rendah. Salah satu akar masalahnya yakni kebutuhan konsumsi masih harus didatangkan dari pulau lain,” ungkap Wakil Ketua Pengurus Harian Yayasan Dokter Peduli, Tutuk Utomo Nuradhi.

Selain itu, kata Dokter  prevalensi stunting di Pulau Kei juga masih berkisar di angka 20%.

“ Harapannya kolaborasi dengan JAPFA dapat membantu menjawab permasalahan tersebut,” ajak Tutuk.

Kata Tutuk,  dukungan JAPFA dalam mengatasi permasalahan gizi di Pulau Kei terdiri dari empat program utama. Pertama, edukasi dan advokasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta konsumsi gizi seimbang di enam sekolah dasar.

Kedua, dukungan fasilitas PHBS untuk memastikan tumbuhnya perilaku hidup bersih dari siswa, dan  Ketiga, penguatan kapasitas posyandu dengan edukasi kader posyandu di 10 posyandu dampingan serta pemeriksaan ibu hamil dengan mobile USG untuk mengidentifikasi permasalahan kehamilan sejak dini.

Keempat, mendukung fasilitas pembelajaran di sekolah dengan mempersiapkan laboratorium pembelajaran komputer yang dilengkapi 10 laptop untuk masing-masing sekolah berikut dengan jaringan internet.

“ Mengawali kolaborasi tersebut, kami melakukan penjaringan kesehatan dan pembagian paket gizi untuk murid di 6 SD di Pulau Kei Besar. Penjaringan ini sudah kami laksanakan mulai dari 8 Maret lalu dan akan dilaksanakan hingga bulan April mendatang di SD Lir Ohoilim, SD Kristen Yamtel, SD Naskat Wulurat serta SDN Lerohelim, SDN Rit Rahaereng, dan SDN 1 Elat,” ujar R. Artsanti Alif, Vice President Head of Social Investment JAPFA ketika di Pulau Kei Besar bersama dengan Risa Praptono, Head of Relationship and Outreach Doctor Share.

Artsanti menjelaskan selain melakukan penjaringan kesehatan, JAPFA juga melakukan pelatihan Tata Kelola Sekolah, Pelatihan Duta Anak Sehat, Duta Makanan Sehat, dan Duta Lingkungan Sehat.

“ Berbagai pelatihan tersebut merupakan upaya untuk melatih kader di tingkat siswa untuk nantinya dapat menjadi peer educator. Selain itu, JAPFA juga menghadirkan MN Surya Wahyudi, Master Nasional Catur Indonesia, untuk melatih anak-anak dari 6 sekolah tersebut mencicipi pertandingan catur simultan, “ terangnya.

Dikatakan, setelah pelatihan ini, mereka akan menurunkan fasilitator yang akan mendampingi sekolah untuk melakukan transformasi membangun sistem terkait PHBS dan Gizi Seimbang di sekolah dan mendorong tumbuhnya kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Kegiatan yang sama juga akan dilakukan JAPFA untuk POSYANDU, seperti peningkatan kapasitas kader, memberikan dukungan pemeriksaan ibu hamil, dan edukasi ibu hamil juga akan dilakukan dengan dukungan tim dari Klinik Doctor Share.

Selain itu, untuk memastikan aksesibilitas makanan bergizi, JAPFA juga merancang strategi membangun Food Security dengan mengoptimalkan lahan kosong yang dimiliki Doctor Share.

“ Kami berharap kolaborasi antara JAPFA dengan Doctor Share di Pulau Kei Besar, dapat menghadirkan secercah harapan dan berkontribusi untuk menekan prevalensi stunting serta mendorong tumbuhnya PHBS dan Gizi Seimbang, sehingga anak-anak di Pulau Kei Besar mampu meraih masa depan yang lebih cerah,” pesan Artsanti.

Tentang JAPFA

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, peternakan komersial dan pengolahan hasil peternakan, budidaya perairan, peternakan sapi, serta perdagangan dan lain-lain. Diiringi dengan program-program kegiatan sosial yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”

( Nery – ( Media Tual News )

 

 

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: