fbpx

TNI AL Tanam Mangrove Demi Kesejatraan Warga Kota Tual

66 / 100

Tual News – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove sedunia yang jatuh tanggal 26 Juli 2022, Pangkalan TNI AL Tual dibawah komando Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) Indra Dharma, S.E., M.Tr. Hanla, melaksanakan penanaman ribuan bibit  mangrove bertempat di pantai Nam, Desa  Ohoitahit Kecamatan Dullah Utara Kota Tual, selasa ( 26/7/2022 ) .

Penanaman mangrove melibatkan semua elemen masyaraakat , pemerintah dan swasta, mendapat dukungan penuh Pemkot dan DPRD Kota Tual.

penanaman-serentak-mangrove-seluruh-indonesia-Lanal-Tual.
penanaman-serentak-mangrove-seluruh-indonesia-Lanal-Tual.

Danlanal Tual menegaskan rangkaian penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan Lanal Tual merupakan pelaksanaan program kerja prioritas Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

” untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL, kami kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara, ”  Tegasnya.

Selain itu Kata Danlanal Tual, kegiatan yang dilaksanakan merupakan implementasi dalam meyukseskan program pemerintah yang menargetkan 600.000 hutan mangrove pada tahun 2024.

” Rehabilitasi hutan mangrove menjadi sangat penting mengingat ekosistem mangrove memiliki peranan penting bagi lingkungan dimana selain sebagai penahan laju abrasi,  mangrove juga memiliki fungsi sebagai penahan intrusi air laut dan rumah bagi satwa yang ada, ” Terang Indra.

Selain itu kata Danlanal,  mangrove juga memiliki kelebihan yang jauh lebih besar dalam menyerap karbondioksida dibandingkan dengan hutan biasa.

”  Untuk itu perlu aksi nyata bersama untuk melaksanakan rehabilitasi hutan mangrove kemudian menjaga ekosistem Mangrove dari kerusakan, ” Pintah Danlanal Tual.

Untuk diketahui penanaman bibit mangrove kali ini sebanyak 1.590 anakan mangrove yang  merupakan hasil kerja sama Lanal Tual dan BPDAS Ambon melalui perwakilan di Kota Tual.

Kegiatan penanaman mangrove kali ini melibatkan seluruh prajurit Lanal Tual, Jalasenastri Cabang II Korcab IX DJA III, Pemkot Tual, instansi Maritim, Pramuka Sakabahari, dan masyarakat Ohoitahit kotaTual.

( Pewarta : Oce Leisubun / Risman S )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: