Warga Tual Diminta Manfaatkan SP4N Untuk Aduan Pelayanan Publik

20221107 102355 scaled

Tual News – Sekretaris Dinas Informasi dan komunikasi Kota Tual, Jeny Mandak meminta masyarakat di Kota Tual untuk memanfaatkan aplikasi sistem pengelolaan pengaduan publik Nasional ( SP4N – Lapor ),  dalam melaporkan berbagai pengaduan terkait pelayanan publik Pemkot Tual.

Permintaan ini disampaikan Mandak, usai talk show aksi perubahan dengan tema peningkatan pelaporan dan tindaklanjut penyelesaian pengaduan masyarakat melalui optimalisasi pengelolaan SP4N – Lapor di Kota Tual ( Pela Sasi ), yang berlangsung di Balai Kota Tual, senin ( 07/11/2022).

Talk show optimalisasi aplikasi span -lapor pemkot tual
Talk Show Optimalisasi Aplikasi Span -Lapor Pemkot Tual

” aplikasi SP4N – Lapor Pemkot Tual sudah ada sejak tahun 2016, dibuat Kementerian PAN RB bekerja sama Ombudsman RI dan Kantor Kepresidenan RI, ” Ungkapnya.

Kata Mandak, Kota Tual sudah terhubung melalui aplikasi SP4N – Lapor sejak tahun 2018, namun belum optimal dalam pelaksanaan.

” untuk mengoptimalkan ini, beta punya aksi perubahan dengan mengoptimalkan aplikasi SP4N  – Lapor dengan wajib mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat, ” Pintahnya.

Dia berharap, melalui optimalisasi SP4N – Lapor Pemkot Tual, dapat memperbaiki tata kelolah pemerintahan yang baik, dengan memperkuat fungsi pelayanan publik Pemkot Tual dan menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap Pemkot Tual dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

” Selain itu bagi pengguna layanan, dapat menjamin hak pengaduan masyarakat dari maupun jenis apapun agar tersalurkan dengan cepat, tepat, handal dan berkualitas, serta memudahkan masyarakat melaporkan aduanya tanpa melewati birokrasi yang berbelit – belit, ” Harap Jeni Mandak.

Diakui sejak aplikasi SP4N – Lapor Pemkot Tual diluncurkan, laporan aduan masyarakat yang masuk tahun 2018 sebanyak tiga laporan, tahun 2019 enam laporan, 2020 lima pelaporan, sedangkan tahun 2021 hanya dua laporan, capaian tindak lanjut masih nol persen.

Terkait regulasi, kata dia dalam waktu dekat akan dikeluarkan peraturan Walikota Tual terkait SP4N – lapor.

Salah satu jurnalis Kota Tual dan Malra dari media online tribun Maluku.com, Dullah Tuseik menyambut baik adanya SP4N- Lapor Pemkot Tual dalam menjawab tuntutan masyarakat akan transparansi dan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Tual.

” Ini juga dapat membantu Pers di Kota Tual dalam mengakses informasi yang benar sesuai fakta kepada masyarakat, sebab kebutuhan informasi sangat penting, dalam menangkal informasi hoax yang selama ini terus berkembang, ” Tandas Tuseik.

Namun dibalik itu, wartawan tribunmaluku.com itu mengingatkan agar SP4N – Lapor jangan disalahgunanakan masyarakat karena konflik kepentingan pribadi atau dendam kepada pemerintah daerah.

Tokoh masyarakat dari Desa Ohoitel, Jemi Atbar, mengaku baru kaget dengan adanya SP4N – Lapor, padahal sudah diluncurkan sejak tahun 2018, namun minim sosialisasi sehingga kurangnya akses masyarakat akan hal ini.

Kata dia, hal ini harus disosialisasi dengan baik kepada masyarakat, sebab sangat bermanfaat.

” Sebagai kelompok informasi masyarakat keberadaan SP4N – lapor belum nampak, namun harus terus disosialisasi kepada masyarkat, ” Pintah Atbar.

Dia berterimakasi kepada Ibu Jeny Mandak atas inovasi aplikasi SP4N – Lapor Pemkot Tual

Kegiatan ini dihadiri langsung Pimpinan OPD Pemkot Tual, karena dalam talk show tersebut menghadirkan para Narasumber yakni Sekretaris Daerah Kota Tual, A.Yani Renuat, Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut, S.E dan salah satu perwakilan jurnalis Kota Tual, Abdullah Tuseik.

( Pewarta : Neri Rahabav)