Diduga Selewengkan Dana BLT, Warga Lapor Kades Banda Eli Suku 30 di Jaksa dan Polisi

Img 20221107 wa0009

Tual News – Warga Banda Eli Suku 30, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku akhirnya melaporkan Kepala Desa /Ohoi Banda Eli Suku 30 di Kantor Kejaksaan dan Kepolisian , karena di duga melakukan tindak pidana penyelewengan anggaran dana bantuan langsung tunai ( BTL) yang bersumber dari dana desa ( DD ) tahun anggaran 2022 dan 2022.

Hal itu diungkapkan salah satu warga Ohoi Banda Ely Suku 30, Ali Bahri Suat (54) kepada tualnews.com, senin ( 07/11/2022).

“Kami telah menemukan sejak tahun 2020 kemarin, Kepala Ohoi Banda Ely Suku 30 selewengkan dana BLT, dan hal itu telah di lakukan sudah cukup lama,” kata Ali Bahri Suat

Dia mengatakan, pihaknya telah melaporkan temuan warga itu ke Polres Malra hingga Kejaksaan Negeri Tual.

“Kami bersama warga telah datangi Polres Malra dan Kejaksaan Negeri Tual untuk melaporkan hal ini,” sebut Suat

Kata Suat, Kejaksaan Negeri Tual telah menerima laporan masyarakat dan sementara mengkaji laporan tersebut.

“Jaksa telah merima kami dengan baik, nantinya mereka panggil saya dan beberapa warga lainya untuk memeberikan keterangan terkait laporan warga,” ungkap Suat.

Dia mengungkapkan sejak tahun 2021 hingga 2022, masyarakat Banda Eli Suku 30 tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai dari desa /ohoi.

” semua warga di ohoi komitmen untuk mengawal kasus ini hingga tuntas, ” Ujarnya.

Dia medesak pihak aparat penegak hukum untuk segera memproses laporan masyarakat.

Suat menambahkan, saat ada pemeriksaan Inspektorat Maluku Tenggara melakukan pendataan dan pemeriksaan, namun Kepala Ohoi tidak berada di tempat

“Pada saat ada pemerikasaan dari Inspektorat Maluku Tenggara di Ohoi Banda Eli Suku 30, Kepala Ohoi melarikan diri ke Tual,” Beber Suat.

Sementara itu Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Tual, Rendra Taqwa Agusto, S.H ketika dikonfirmasi tualnews.com, senin (07/11/2022) membenarkan laporan masuk warga Desa Banda Eli Suku 30 yang sudah menyerahkan laporan di Kejaksaan Negeri Tual tanggal  25 juni 2022.

” Benar, laporan warga sudah kami terima di Kejaksaan Negeri Tual, ” Ungkap Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tual, ketika membalas pesan konfirmasi media ini.

( Pewarta: Risman)