Camat Dulsel Belum Terima Surat Pelantikan Kepala Ohoi Tual dan Taar

Img 20221206 wa0009

Tual News – Kepala Wilayah Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual Nur Rostika H. Tamher, S.Sos, M.Si ketika dikonfirmasi tualnews.com, selasa ( 06/12/2022) mengakui hingga saat ini pihaknya belum menerima surat pemberitahuan pelantikan calon tunggal Kepala Ohoi Tual dan Ohoi Taar.

” Untuk proses pelantikan Kepala Ohoi Tual dan Ohoi Taar, hingga saat ini kami di kecamatan belum menerima surat pemberitahuan dll, ” Ungkapnya.

Namun kata Camat Dullah Selatan, pihaknya pada selasa ( 06/12/2022 ), baru menerima satu surat dari Badan Saniri Ohoi ( BSO ) Taar yang menyampaikan
penetapan Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar atas nama Charles Tarantein.

” Surat penetapan BSO atas Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar tanggal 16 November 2022, baru tiba tadi di Kantor Camat, ” Ungkap Tamher.

Menyoal tentang informasi pelaksanaan pelantikan Calon Tunggal Kepala Ohoi Tual dan Taar, Camat mengaku hingga saat ini belum ada surat pemberitahuan resmi pelantikan yang diterima.

” Kalau informasi pelantikan  Calon Tunggal Kepala Ohoi Tual dan Ohoi Taar belum.ada, karena secara riil berkas dan penetapan Calon Tunggal Kepala Ohoi Tual belum masuk di Kantor Camat, ” Jelasnya.

Sementara kata Camat, berkas dan penetapan Calon Tunggal Kepala.Ohoi Taar juga belum masuk, yang ada hanya surat penetapan calon tunggal dari BSO Taar.

” Kami juga sudah koordinasi ke Kadis PMD soal ada masyarakat yang bertanya tentang tanggal 07 Desember 2022, dilaksanakan pelantikan Kepala Ohoi Tual dan Taar, sementara berkas dan hasil penetapan calon tunggal dua  Kepala ohoi tersebut belum masuk di kecamatan, ” Jelasnya.

Menurut Tamher, hingga saat ini belum ada berkas dan hasil penetapan calon tunggal Kepala Ohoi Tual dan Ohoi Taar yang masuk untuk selanjutnya diproses pihak kecamatan.

Sementara itu berdasarkan surat terbuka sejumlah warga Ohoi Taar kepada Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag tanggal 06 Desember 2022, yang tembusanya juga diterima Media Tual News, rabu ( 07/12/2022 ), meminta Walikota Tual membatalkan pelantikan Kepala Ohoi Taar.

Surat terbuka yang ditanda tangani perwakilan tokoh masyarakat dan adat Ohoi Taar bersama sejumlah masyarakat yakni Jefri Songjanan ( Soa Songjanan / Tallaut ), Petrus Batianan ( Saniri Jalnuhubun / Batianan ), dan Imanuel Renjaan ( Soa Renjaan ) pada intinya mempertimbangkan perayaan Natal Kristus 25 Desember 2022, maka mereka meminta Walikota Tual membatalkan pelantikan Kepala Ohoi Taar.

” Kami meminta batalkan pelantikan Kepala Ohoi Taar, agar tidak terjadi konflik dan hal – hal yang tidak diinginkan, ” Pintah para tokoh tersebut dalam surat tertulis terbuka.

Menurut mereka, apabilah tetap dipaksakan pelantikan Kepala Ohoi Taar, jika terjadi konflik sosial ditengah masyarakat, maka pasti yang bertanggungjawab adalah Walikota Tual beserta seluruh jajaranya.

( MTN)