Imigrasi Tual Gelar Rapat Pengawasan Orang Asing 2023

Img 20230314 wa0023

Tual News – Kantor Imigrasi Kelas II di Kota Tual, Provinsi Maluku, selasa (14 /3/2023 ), pukul 09.20 WIT, melaksanakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kota Tual, dipimpin Kasi Inteldakim,  Ida Bagus Made Suwandita, mewakili Kepala Imigrasi Kelas II Tual.

Informasi yang dihimpun tualnews.com di Kantor Imigrasi Kelas II Tual menyebutkan, rapat Tim Pora yang berlangsung di Kantor Imigrasi kelas II TPI Tual, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Masrum, Kota Tual dihadiri, Kepala Kesbangpol Kota Tual, diwakili Kabid Wasnas dan Intelkam, Salim N, Kajari Tual, Sigit Waseso S.H , Danunit Intel Lanal Tual, Lettu Laut (S) Jusuf Loudiweyk, Pasintel Kodim 1503/Tual, Letda Inf La Gama, Kaur Intelud Lanud D.Dumatubun, Letda Sus Tri Prayitno,  Kasat Intel Polres Tual, Iptu Jan F Manuhua, Kepala BNN Tual, Ahmad Reniuryaan, dan berbagai perwakilan unsur lainya seperti Dukcapil, Parawisata, BIN, KKP Ambon, dan UPP Kelas II Tual.

Kepala Imigrasi kelas II Tual dalam sambutan yang dibacakan, Kasi Inteldakim, meminta Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) perlu membangun koordinasi instansi terkait secara terintegrasi dan berkesinambungan.

” Tim Pora  adalah wadah dan sarana komunikasi antar stakeholder dalam rangka pengawasan serta  penegakan hukum terhadap orang asing yang berada di Kota Tual. Kami berharap melalui Tim Pora, dapat melakukan pencegahan dini terhadap dampak negatif yang akan timbul karena orang asing, ” Pintahnya.

Selain itu kata dia, melalui Tim Pora, dapat melakukan tindakan terhadap orang asing yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

” Kegiatan ini dimaksudkan untuk singkronisasi antar kebijakan mengenai orang asing di pusat dan di daerah, ” Ujarnya.

Untuk itu  Kepala Imigrasi Kelas II Tual berharap, kegiatan rapat Tim Pora imenjadi mementum meningkatkan dan menjalin sinergitas instansi dalam pengawasan orang asing khususnya di Kota Tual.

” Sinergitas ini akan tercapai, jika masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam kegiatan pengawasan orang asing, disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing-masing, ” Tegasnya.

Dalam rapat ini juga membahas isu – isu strategis yang berkembang dilingkungan kerja Tim Pora, seperti nasib puluhan eks ABK yang sudah tinggal dan kawin serta beranak cucu di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.