Bupati Malra Buka Ujian SD Berbasis Komputer, Harap Cara Lama Ditinggalkan

Img 20230522 wa0008

Malra, Tual News – Bupati Maluku Tenggara, Drs Hj. M. Thaher Hanubun, Senin pagi ( 22/5/2023) membuka secara resmi ujian sekolah berbasis komputer ( USBK ), tingkat SD Kabupaten Maluku Tenggara, berlangsung di SD Naskat Mathias III Langgur A.

Ikut mendampingi Bupati Malra, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Malra, Umar Hanubun, Ketua Yayasan Asti Dharma Langgur, Kepsek SD Naskat Mathias III Langgur A beserta Dewan Pendidikan dan seluruh Pejabat Dinas Pendidikan.

Bupati malra buka usbk tingkat sd kabupaten maluku tenggara di sd naskat mathias iii langgur a, senin 22 mei 2023
Bupati Malra Buka Usbk Tingkat Sd Kabupaten Maluku Tenggara Di Sd Naskat Mathias Iii Langgur A, Senin 22 Mei 2023

Bupati Malra dalam pembukaan USBK itu berharap para siswa/ i bekerja dengan baik dan benar, sebab sejak tahun 2019, pelaksanaan ujian sekolah baik tingkat SD hingga SMP berbasis digitalisasi komputer.

” Sesuai amanat Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo, kita harus tinggalkan cara – cara lama, dan saatnya memasuki hal baru yakni lewat digitalisasi, ” Harap Bupati Malra.

Bupati MTH bersyukur, karena anak cucu di Kepulauan Kei sudah mengenal dan mengerti digitalisasi komputer.

” Ujian Akhir SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi bahkan seleksi ASN, dan tenaga PPPK semua pakai komputer sistem CAT. Saat ini ujian, hasilnya langsung diketahui, ” Ungkap Hanubun.

Bupati malra tekan tombol komputer dimulainya usbk tingkat sd kabupaten maluku tenggara di sd naskat mathias iii langgur a, senin 22 mei 2023
Bupati Malra Tekan Tombol Komputer Dimulainya Usbk Tingkat Sd Kabupaten Maluku Tenggara Di Sd Naskat Mathias Iii Langgur A, Senin 22 Mei 2023

Bupati Malra mengaku melalui ujian berbasis komputer, potensi kecurangan dan kebocoran sudah tidak ada lagi, bila dibandingkan waktu dulu, guru harus buat soal pakai kertas, kemudian selesai ujian baru diperiksa dalam jangka waktu lama.

Hanubun mencontohkan anak anak didik di Kei Besar, saat ini sudah melaksanakan ujian berbasis komputer, mereka tidak perlu lagi datang di daratan Kei – Kecil untuk ujian.

BupatiĀ  optimis anak – anak peseta didik di Kei semakin cerdas, ketika sudah mengenal dan mengerti tentang digitalisasi komputer.

” Untuk itu saya berharap, bagi peserta didik yang ikut USBK di Malra, ketika meraih prestasi nilai tertinggi pada mata pelajaran IPA, Matematika dan IPS, Dinas Pendidikan harus memberikan penghargaan atau reward, ” Harap Bupati MTH.

Terkait jalan masuk sekolah, Bupati MTH berkomitmen tahun ini akan menuntaskan janjinya, untuk menuntaskan pekerjaan jalan hotmix masuk halamanĀ  SD Naskat Mathias III Langgur A dan B.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Naskat Mathias III Langgur A, Saverius Rahabav dalam laporanya, melaporkan peserta didik yang mengikuti USBK tahun 2023, pada sekolah yang dipimpinya sebanyak 25 siswa / i.

Rahabav memberikan apresiasi dan terimakasi kepada Bupati Malra beserta Kepala Dinas Pendidikan serta seluruh jajaran atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada SD Naskat Mathias III Langgur A.

” Saya atas nama Kepsek dan Yayasan Asti Dharma Langgur mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kedatangan Bupati Malra, membuka USBK di SD Naskat Mathias IIi Langgur A, ” Ujarnya.

Selain itu Kepsek juga menyampaikan terimakasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Malra, sebab di tahun anggaran 2019, Kementrian Pendidikan Nasional mengucurkan bantuan fisik dan non fisik untuk SD Naskat Mathias III Langgur A.

” Ujian sekolah berbasis komputer, sekolah kami sudah laksanakan sejak tahun 2019, diterapkan dari kelas I hingga VI, gunakan sistem aplikasi, ” Lapor Kepsek SD Naskat Mathias III Langgur A, Saverius Rahabav.

Pada kesempatan ini Bupati Malra menekan tombol komputer dimulainya USBK SD Naskat Mathias III Langgur A tahun 2023 dan berpose bersama para anak didik.