Ditpolairud Polda Maluku Sudah Tujuh Hari Cari Nelayan Hilang Asilulu

Img 20230522 wa0026

Ambon, Tual News – Personil Ditpolair Polda Maluku yang tergabung dalam Tim Sar Gabungan bersama Rescuer Sar Ambon, Tim Bakamla dan Sukarelawan Masyarakat Desa Asilulu masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap nelayan bernama Kahar Eli, Warga Desa Asilulu yang diduga hilang sejak Senin (15/05/2023).

Titik pencarian hari ke-7 dilakukan pada seputaran perairan Dusun La Uma Desa Assilulu , Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah hingga Perairan Dusun Pulau tiga ,Desa Ureng.

Direktur Polairud Polda Maluku, Kombespol Handoyo Santoso S.IK, M.Si, Senin ( 22 /5/2023) membenarkan upaya pencaharian yang masih berlangsung.

“Sampai hari ini, proses pencarian terhadap Bapak Kahar Eli, nelayan Desa Asilulu masih terus dilakukan Personil KP.XVI-1010 Ditpolair Polda Maluku yang tergabung dalam Tim Sar Gabungan bersama Rescuer Sar Ambon, Tim Bakamla dan Sukarelawan Masyarakat Desa Asilulu, ” Ungkapnya

Handoyo berharap, korban dapat ditemukan dalam keadaan apapun.

Dia menjelaskan, walaupun proses pencarian hari ini berjalan lancar, karena didukung kondisi cuaca yang cerah dan laut yang tidak terlalu bergelombang, namun hasilnya masih nihil.

Handoyo meminta warga masyarakat memberikan informasi kepada Tim Sar Gabungan, jika menemukan tanda-tanda keberadaan korban

“Sampai saat ini masih nihil, semoga nanti ada tanda-tanda korban ditemukan, walaupun masih Nihil, kami berharap kepada warga masyarakat yang menemukan tanda-tanda keberadaan korban agar dapat memberikan informasi kepada Tim Sar Gabungan, ” Pintanya.

Dikatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan proses pencarian pada Selasa esok ( 23/5/2023).

“Selain proses pencarian terhadap nelayan yang diduga hilang di Desa Asilulu, Personil Dit Polairud Polda Maluku pada beberapah wilayah juga melaksanakan tugas rutin pemantauan dan pengawasan aktivitas bongkar muat barang dan penumpang pengguna jasa transportasi spit boat maupun kapal tradisional.

Handoyo merinci petugas Dit Polairud Polda Maluku yang laksanakan tugas pengawasan adalah KP.XVI-2004 Dit Polair Polda Maluku yang bertugas pada Pos pelabuhan Rakyat Dobo, Personil KP XVI 2002 yang bertugas pada pelabuhan Rakyat Namrole, personil KP XVI – 2005 yang bertugas di pos sandar Kobisadar dan Personil KP.XVI-1008 yang bertugas pada Pos Pelabuhan Rakyat Merah Putih Namlea.

“Selain pengawasan, pemantauan dan pengamanan, personil Ditpolair Polda Maluku juga melaksanakan kegiatan “Sambang Nusa” dan program Unggulan Bapak Kapolda Maluku “Basudara Manise” untuk menyampaikan pesan serta himbauan Kamtibmas, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat pesisir, ” Pungkasnya.

Hal ini kata Handoyo, dilaksanakan dalam upaya menciptakan situasi dan kondisi keamanan di Provinsi Maluku yang semakin aman dan kondusif.