Polairud Polda Maluku Rutin Patroli dan Perketat Pengawasan, Antisipasi Laka Laut

Img 20230601 wa0017

Ambon, Tual News – Direktorat polisi air dan udara ( Ditpolairud) Polda Maluku terus perketat kegiatan pengawasan dan patroli rutin disekitar wilayah perairan Maluku, termasuk pelabuhan penyeberangan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya.

“Kegiatan pengawasan dan patroli Rutin sudah menjadi protap bagi seluruh personil Ditpolairud Polda Maluku, namun mengingat perubahan cuaca akhir-akhir ini yang semakin ekstrim melanda wilayah perairan Maluku dan sekitarnya, sehingga kegiatan pengawasan terhadap sejumlah pelabuhan penyeberangan dan patrol rutin disekitar wilayah perairan Maluku semakin diperketat ”, Tandas Direktur Polairud Polda Maluku, Kombespol Handoyo Santoso S.IK, M.Si diruang kerjanya, Kamis ( 01/6/2023).

Handoyo mengaku, hari ini personil Kp.XVI-1010 Ditpolairud Polda Maluku pos sandar Tahoku melaksanakan giat pengawasan dan pengamanan kepada para pengguna jasa transportasi laut diseputaran Pelabuhan Rakyat Tahoku.

” Hal ini dilakukan, mengingat situasi dan kondisi laut yang bergelombang disertai angina kencang dan hujan lebat, ” Ujarnya.

Selain melakukan pengawasan dan pengamanan, kata dia personil KP. XVI-1010 juga memberikan himbauan baik kepada penumpang, para pengguna jasa transportasi laut dan nelayan untuk memperhatikan kapasitas jumlah penumpang dan barang yang dibawa tidak melebihi kapasitas muatan.

” Intinya, kelengkapan alat-alat keselamatan agar selalu dibawa serta pada saat melakukan pelayaran, ” Pintanya.

Menurut Handoyo, selain memperketat pengawasan dan pengamanan terhadap aktifitas pengguna jasa transportasi dipelabuhan rakyat Tahoku, personil KP.XVI-1010 juga melakukan patrol dan pemantauan disekitar perairan Maluku yang menjadi jalur penyeberangan speedboat maupun kapal cepat/tradisional.

“Kegiatan patroli dan pemantauan dilakukan menyusuri Perairan Dusun Air Papaya, Kecamatan Luhu Kabupate Seram Bagian Barat, ” Jelasnya.

Sedangkan pada kordinat -3°473’9072 ” S 127°900’0932″, kata dia petugas Polairud melaksanakan pengawasan perairan Dusun Pulau Tiga,Desa Ureng Kecamatan Leihitu Maluku Tengah.

” pemantauan pada kordinat -3° 646’3804” S 127°926’6926” E sampai Perairan Desa Zeith, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah ,dengan Kodinat -3°601’5951″ S. 128°012’7909″E, ” Ungkap Handoyo.

Dikatakan, dalam pelaksanaan patroli dan pemantauan tersebut, personil Kp.XVI-1010 juga melaksanakan pemberhentian dan pemeriksaan dokumen dan muatan pada KM. Mulia Jaya.

Namun dalam pemeriksaan, kata Handoyo, tidak ditemukan pelanggaran.

” Pada kesempatan ini, petugas himbau ABK tentang pentingnya memperhatikan keselamatan dalam melakukan aktifitas pelayaran” Ujar Handoyo.