DPRD Pilih Penjabat Walikota Tual di Kota Ambon ?

Img 20230906 wa0014

Tual News – Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual, patut diduga menggelar sidang di salah satu hotel berbintang di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa malam ( 5 /9/2023), dalam rangka melaksanakan musyawarah pemilihan dan penetapan tiga nama penjabat Walikota Tual yang akan diusulkan kepada Mendagri di Jakarta.

DPRD Tual Resmi Umumkan Seleksi Terbuka Calon Penjabat Wali Kota

Berdasarkan informasi yang dihimpun tualnews.com, dari sumber resmi menyebutkan pelaksanaan rapat DPRD Kota Tual berlangsung di salah satu hotel mewah di Kota Ambon, dihadiri 18 pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual.

Dalam pemilihan dan penetapan nama Penjabat Walikota Tual tersebut, nama Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, M.Si ditetapkan DPRD Kota Tual secara aklamasi.

Sekda Kota Tual Daftar Pertama Calon Penjabat Wali Kota Didampingi Raja

Sedangkan tujuh nama penjabat Walikota Tual lainya, digelar pemilihan secara terbuka.

Dari data yang diterima media ini, tujuh nama penjabat Walikota Tual yang dipilih DPRD Kota Tual dalam proses pemilihan adalah empat kandidat calon penjabat Walikota Tual dari Kota Tual yakni, Dr. Fahry Rahayaan ( Kepala Bappeda), Ladatimu Yamlean ( Sekwan DPRD ), Irene A. Ngabalin ( Kadis Pertanian ) dan M. Zein Nuhuyanan ( Kepala Badan Kesbangpol).

Lima Pejabat Pemkot Akan Daftar Calon Penjabat Walikota Tual

Sedangkan tiga nama Penjabat Walikota Tual dari Pemprov Maluku yakni Dr. Ir. Syuryadi, M.Si, ( Kadis PTSP Pemprov Maluku), Alwiyah Fadlun Alaydrus ( Kadis Ketahanan Pangan Maluku ), dan Ir. Ismail Usemahu, S.T. ( Plt Kadis PUPR Maluku )

Sumber resmi media ini menyebutkan, dari proses pemilihan tujuh nama calon Penjabat Walikota Tual tersebut oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual, terpilih dua nama peraih suara terbanyak yakni Dr. Ir. Syuryadi, M.Si, meriah 17 suara, sedangkan Alwiyah Fadlun Alaydrus, memperoleh 8 suara.

Diduga Sekda Malteng Lakukan Penipuan dan Penggelapan

Berdasarkan hasil musyawarah DPRD Kota Tual tersebut, akhirnya ditetapkan tiga nama calon penjabat Walikota Tual untuk diusulkan kepada Mendagri yakni Sekda Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, M.SI, Dr. Ir. Syuryadi, M.Si dan Alwiyah Fadlun Alaydrus.

Salah satu Anggota DPRD Kota Tual yang dikonfirmasi via whatsaap, Rabu ( 6 /9/2023) membenarkan proses pemilihan berdasarkan musyawarah yang dilaksanakan di Kota Ambon.

Rahawarin Diperiksa Penyidik Polres Malteng, Soal Aduan Kepada Rakib Sahubawa

” Benar, sudah dipilih dan ditetapkan tiga nama calon penjabat Walikota Tual, dan saat ini sudah diantar ke Depdagri, ” Ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, baik Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut, S.E, Wakil Ketua, Ali Mardana, S.E dan Sekwan DPRD Kota Tual yang dihubungi berulang kali untuk konfirmasi hal ini, belum menjawab panggilan media tualnews.com.