Kapolda Maluku Sambut Program “Basudara Pattimura” Jaga Kamtibmas 

Img 20230918 wa0031 scaled

Ambon, Tual News  – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, sangat menyambut baik program “Basudara Pattimura” yang diluncurkan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial.

Menurut Kapolda, program yang diluncurkan dengan tujuan menjaga kamtibmas tersebut selaras dengan program Kapolda Maluku yakni “Basudara Manise”.

“Saya menyambut baik program Kodam Pattimura yakni “Basudara Pattimura” yang dilounching Pangdam Patimura. Program ini selaras dengan program Polda Maluku “Basudara Manise” yang tujuannya untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Maluku,” ungkap Kapolda di sela-sela dirinya menghadiri kegiatan coffee morning yang digelar di Markas Kodam XVI/Pattimura, Kota Ambon, Senin (18/9/2023).

Kapolda berharap, program yang digagas Kodam Pattimura dan Polda Maluku ini, dapat menjadikan daerah ini sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang aman, damai dan sejahtera.

“Kami berharap program Basudara Pattimura dan program Basudara Manise,  bisa menjadikan daerah ini semakin kondusif, daerah yang aman, damai dan sejahtera,” harapnya.

Sebelumnya, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Safrial, dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga komunikasi, sharing informasi, bertukar pikiran, serta meningkatkan interaksi dan koordinasi yang baik.

” Melalui komunikasi, kita dapat saling mengenal, memupuk tali silaturahim, rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih erat lagi,” pintanya.

Pangdam mengatakan secara geografis, Maluku sangat dinamis, terdiri dari beberapa etnis dan agama.

” Masyarakat Maluku memegang erat adat budaya yang telah diwarisi secara turun temurun, ” Terangnya.

Pangdam memberikan apresiasi dan menyambut baik kearifan lokal masyarakat Maluku dalam menjaga kebudayaan yang dikenal dengan pela gandong, dengan semboyan potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa , sagu salempeng di bagi dua.

‘ Inilah makna yang paling mendalam pada kehidupan di bumi Raja Raja,” Ujarnya.