Perwakilan Warga  dan Dinas Pendidikan Sepakat SMA N 9 Malra Tetap di Hollat 

Img 20240129 wa0024

Langgur, Tual News Perwakilan warga Desa / Ohoi Hollat, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara akhirnya mencapai kesepakatan bersama dengan Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Malra.

Hal ini tertuang dalam kesepakatan bersama dua pihak di Balai Desa Langgur, Senin ( 29/1 /2024), difasilitasi Kepala Ohoi Langgur, Hironimus Dumatubun.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara, Rustam Rengiwur,, usai pertemuan mengakui kesepakatan antara kedua belah pihak.

” Point kesepakatan bersama yakni menetapkan satu kesepahaman kalau SMAN 9 Malra itu letaknya di ohoi Hollat, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, ” Ungkapnya.

Selain itu  kata Kacab, kesepakatan lainya yalni seluruh guru, pegawai termasuk siswa tetap berada di Ohoi Hollat, melaksanakan proses belajar- mengajar seperti biasa, kecuali Plt Kepsek dan dua staf.

“Sesuai kesepakatan kami, yang keluar itu hanya 3 orang yakni Plt Kepsek, isterinya (guru honor) dan satu tenaga P3K,” Terang Kacab.

Plh Kepsek SMA N 9 Malra Akan Diangkat

Terkait Plh Kepsek SMA Negeri 9 Maluku Tenggara di Hollat, Kacab
Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara, memastikan akan menunjuk Plh Kepsek baru untuk kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

“Setelah ini saya perintahkan staf untuk siapkan surat penunjukan Plh Kepsek SMA Negeri 9 Malra ” Ujarnya.

Sementara untuk pemenuhan guru, kata Kacab,  akan diproses Dinas Pendidikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Menyoal status gedung sekolah SMA di Ohoi Debut, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Kacab Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, menegaskan gedung sekolah itu menjadi tanggungjawab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku untuk diusulkan menjadi sekolah dengan nomenklatur baru.

” SMA Negeri 9 Maluku Tenggara tetap di Hollat, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, ” Tegasnya.

Kacab mengakui telah mengeluarkan surat tanggal 26 Januari 2024 kepada seluruh guru dan pegawai (kecuali 3 orang tersebut diatas) agar kembali melaksanakan tugas di SMAN 9 Hollat.

Silubun: SMA Negeri 9 Malra Milik Hollat

Sementara itu, Tokoh Masyarakat ohoi Hollat, Ir. Yakob Silubun menegaskan, inti dari kesepakatan bersama Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara bersama perwakilan masyarakat adalah nomenklatur SMA Negeri 9 Maluku Tenggara tetap berada di Ohoi Hollat, Kei Besar Utara Timur.

” point kesepakatan bersama adalah SMA Negeri 9 Malra milik Ohoi Hollat, gedung sekolah yang dibangun di ohoi Debut, jadi tanggungjawab Dinas Pendidikan provinsi Maluku usulkan nama baru,” Tegasnya.

Selain itu kata Silubun, atas aspirasi warga Ohoi Hollat, proses belajar mengajar tetap berlangsung di SMA Negeri 9 di Hollat, kecuali Plt Kepsek dan dua Staf guru sebagai sumber masalah.

” Saya harap Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara segera tunjuk Plh SMA Negeri 9 Malra di Hollat, untuk proses belajar mengajar tetap berjalan, kecuali Plt Kepsek dan dua Staf, karena itu aspirasi warga Hollat, ” pintanya.

Atas kesepakatan dus pihak , secara resmi penyegelan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara dibuka, Senin ( 29 /1/2024).