Polresta Ambon Sambangi Anggota KPPS Yang Sakit dan Meninggal

Img 20240226 wa0010

Ambon, Tual  News – Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak di Indonesia telah berlangsung tanggal 14 Februari 2024. Termasuk di Maluku yang berjalan lancar, aman dan kondusif.

Tahapan Pemilu hingga pemungutan dan perhitungan suara calon Presiden-Wakil Presiden maupun calon anggota legislatif mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota, berlangsung alot.

Berbagai proses yang dilaksanakan itu sangat menguras tenaga hingga banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akhirnya jatuh sakit. Bahkan, ada yang meninggal dunia.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap petugas KPPS yang jatuh sakit dan meninggal dunia, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease menyalurkan bantuan sosial yang dilaksanakan Sabtu (24/2/2024).

Bantuan sosial disalurkan secara langsung  dipimpin Kasat Intelkam Polresta Ambon, AKP. Marthen Wenno.

Wenno didampingi Wakasat Intelkam Iptu M. Alfons, Kasi Humas Ipda J. Luhukay, KBO Intelkam Ipda T. Muskita, dan 15 personil Intelkam.

Turut hadir dalam kunjungan dan penyaluran bantuan sosial tersebut yaitu sejumlah Tokoh Agama yaitu Ibu Pdt. Paulus/Hatu, dan Ustad Baco Sarluf.

Terdapat dua lokasi di kota Ambon yang dikunjungi, tujuannya selain memberikan bantuan juga  menyampaikan dukungan baik secara moril maupun materil bagi keluarga dan penyelenggara Pemilu tersebut.

Tempat yang dikunjungi yakni ruangan Pavilium Jasica Rumah Sakit Sumber Hidup.

Di ruangan ini dirawat anggota KPPS yang sakit yakni Charles Jan De Fretes, warga Bere-Bere RT 003/005 Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau Ambon.

” kami melakukan kunjungan diawali dengan beberapa penyampaian dan dukungan oleh Kasat Intelkam kepada Bapak Charles Jan de Fretes. Bapak Kasat juga mendoakan semoga anggota KPPS ini lekas sembuh,” kata Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Janete Luhukay.

Pada kesempatan itu, Kasat Intelkam juga menyampaikan terima kasih kepada anggota KPPS tersebut karena telah menjadi Pahlawan Demokrasi dalam mensuseskan Pemilu 2024.

“Pak Kasat juga berharap semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua,” katanya.

Setelah berbincang dengan pasien, dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada anggota KPPS yang sakit tersebut kemudian dilanjutkan dengan doa oleh Ibu Pdt. Paulus/Hatu.

Selain di RS Sumber Hidup, hal yang sama juga dilakukan terhadap keluarga dari anggota KPPS yang meninggal dunia yaitu Almarhum Ichwan Rumalessin di Air Kuning RT 001 RW 021 Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Ambon.

Almarhum Ichwan Rumalessin merupakan anggota KPPS di TPS 164 Desa Batu Merah.

Almarhum dunia tanggal 20 Februari 2024 (Pasca Pemilu).

“Selain menyerahkan bantuan Kami juga menyampaikan turut berduka cita kepada Istri Almarhum yakni Ibu Suhaini Sahabudin Rumalesin, yang ditutup dengan doa oleh Ustad Baco Sarluf,” ujar Kasi Humas Polresta P Ambon dan Lease.