Pj. Walikota Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Kota Tual 2025

Fb img 1709804638472

Tual News- Penjabat Wali Kota Tual Hi. A. Yani Renuat, S.Sos, M.Si, M.H membuka secara resmi rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tual tahun 2025 bertempat di Aula Balai Kota Tual Kamis, (7/3/2024).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota
menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tulus kepada Forkopimda,  teristimewa pihak aparat keamanan TNI – Polri yang berupaya menjaga kondisi keamanan dan
ketertiban masyarakat hingga pada saat ini pasca pelaksanaan Pemilu 14 Pebruari 2024 tetap aman dan kondusif.

“Syukur Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, walaupun terjadi beberapa gangguan keamanan, namun dapat diantisipasi,” kata Renuat.

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota Tual juga memberikan apresiasi kepada seluruh Anggota DPRD Kota Tual, yang selama ini berkolaborasi dan bekerjasama baik serta harmonis demi kepentingan masyarakat dan daerah Kota Tual.

Dikatakan, berdasarkan pada ketentuan Pasal 14 Ayat (2) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, didalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah membutuhkan suatu koordinasi, sinergitas dan harmonisasi, baik bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota Tual.

“Untuk itu pada kesempatan ini, kita akan melaksanakan forum konsultasi publik, tentu saja ini menjadi forum sangat strategis dan luar biasa bagi kita sehingga harapannya nanti bapak/ibu sekalian dapat memberikan masukan, dan usulan untuk kemajuan Pemkot Tual, ” Terangnya.

Renuat mengakui rancangan awal RKPD 2025, mempedomani Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024 – 2026 sehingga ini menjadi salah satu
penjabaran tahun kedua RPD 2024-2026.

” Hal ini selaras dengan tema: “Menata Pembangunan Kota Tual Yang Fokus Pada Penuntasan Pelayanan Dasar, Percepatan Pertumbuhan Perekonomian dan Peningkatan SDM, ” Ujarnya.

Dikatakan sesuai ketentuan Pasal 80
Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, rancangan awal RKPD 2025 Kota Tual yang sedang disusun dan dibahas melalui forum konsultasi publik, bertujuan menerima masukan dan
saran yang akan dirumuskan serta
dituangkan dalam berita acara kesepakatan.

” Tentu saja kami berharap bisa
ditandatangani seluruh pemangku kepentingan, ” harapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata Pj. Wali Kota Tual, karena tahun 2025 Pemkot Tual sudah terlepas dari beban anggaran Pileg, Pilpres maupun Pilkada.

” Kami harap lebih optimal, utamanya di dalam pengalokasian anggaran. Kalau kemarin kita masih banyak sekali hal-hal yang dibiayai  dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, tentu tahun 2025 akan datang menjadi pijakan awal bagi kita semua untuk merencanakan berbagai program kegiatan yang menyentuh kepentingan masyarakat, ” Pungkasnya

Mantan Sekda Kota Tual itu minta perencanaan yang akan disusun nanti lebih aplikatif sesuai kondisi, potensi dan permasalahan yang ada di Kota Tual sehingga harapannya  bisa diimplementasikan didalam pelaksanaan program dan kegiatan.

” Ini menjadi dasar bagi kita semua sebagai aparat pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan, pelayanan publik maupun meningkatkan kapasitas pemerintah daerah, ” pintanya.

Usai pembukaan dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan kepada lima Dinas dan Badan terbaik di lingkup Pemkot Tual yaitu Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tual, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tual, Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) dan Kelurahan Ketsoblak Kota Tual.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi yang disampaikan para Narasumber.

Pemateri pertama soal arahan umum oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tual, Rini Atbar, S.H, tentang (isu strategis dan arah kebijakan pembangunan Kota Tual tahun 2025).

Selanjutnya paparan Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut S.E, tentang Pokok – Pokok Pikiran DPRD Kota Tual dan materi yang disampaikan PLH Kepala Bappeda Kota Tual tentang penyampaian rancangan awal RKPD Kota Tual tahun 2025.

Narasumber lainya yaknj Kepala BPKAD Kota Tual, tentang proyeksi kemampuan Keuangan RKPC tahun 2025.