Jasmono Minta Gerakan Pangan Murah Malra Prioritas Warga Kurang Mampu

Fb img 1711948904910

Langgur, Tual News – Pj. Bupati Maluku Tenggara, Drs. Jasmono M.Si minta Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku harus memprioritaskan warga masyarakat kurang mampu.

” Saya yakin dan percaya, kegiatan yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malra akan berikan inspirasi kepada berbagai pihak untuk turut gelar kegiatan serupa, dengan sebaran “Gerakan Pangan Murah” di berbagai titik dan lebih mudah dijangkau seluruh masyarakat,” Tandas Jasmono dalam amanatnya pada pembukaan Gerakan Pangan Murah Kabupaten Maluku Tenggara di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Senin ( 01/4/2024).

Pada kesempatan ini, Pj. Bupati Malra berpesan agar kebutuhan pokok di Gerakan Pangan Murah wajib memprioritaskan masyarakat kurang mampu, ditengah perayaan hari besar keagamaan nasional yakni, ibadah puasa Ramadhan, Paskah dan menjelang hari Raya Idul Fitri.

” Saya berpesan agar kebutuhan pokok Pangan Murah diprioritaskan kepada masyarakat kurang mampu, ” Pesanya

Kata Pj. Bupati Malra, Gerakan Pangan Murah sangat membantu meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu, ditengah kenaikan harga saat ini.

” Bagi masyarakat mampu dan para pedagang diharapkan menahan diri untuk tidak berbelanja dalam jumah besar dengan tujuan dijual kembali, ” pintanya.

Jasmono mengakui beberapa hari terakhir terdapat beberapa kebutuhan pangan pokok sedang mengalami kenaikan harga, dan paling dikuatirkan adalah kenaikan komoditi pangan yang
berkontribusi dalam peningkatan inflasi daerah seperti beras, cabe dan ikan.

” ASN, Stakeholders dan ormas maupun
BUMN sebagai mitra kerja Pemerintah diharapkan dapat membangun masyarakat dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga, sebab keluarga mampu berkontribusi besar dan turut membangun ketahanan pangan masyarakat,,” harapnya.

Kata Pj Bupati yang harus dilakukan seperti penyuluhan dan bimbingan pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami sayur, atau tanaman pangan produktif, karena selain bernilai ekonomi tinggi, pemanfaatan pekarangan untuk tanaman pangan produktif agar meningkatkan ketersediaan pangan bagi keluarga.

Himbau OPD Kampanye B2SA

Pj. Bupati Malra juga meminta seluruh OPD Pemkab Malra untuk turut membantu Dinas Ketahanan Pangan
mengkampanyekan Gerakan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) sebagai upaya peningkatan gizi keluarga dalam rangka menekan angka stunting  anak di Kabupaten Malra.

” Saya sangat harapkan dukungan dari PKK di Kecamatan dan Ohoi-ohoi dalam memberdayakan peran perempuan untuk turut andil meningkatkan
kesejahteraan keluarga, terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga secara material, sosial, dan mental spiritual sehingga hidup layak sebagai manusia bermanfaat, ” pintanya untuk kedua kalinya.

Jasmono yakin sinergi OPD, TP-PKK, Ormas, BUMN dan pihak Swasta lewat program kegiatan inovatif, kreatif, akan bermanfaat, serta mempercepat kerja pembangunan di bumi Larvul Ngabal.