Pasar Murah Jelang Idul Fitri 2024 Dibuka, Renuat Akui Inflasi Kota Tual Terkendali

Img 20240402 wa0028

Tual News – Menjelang Lebaran Idul Fitri 2024 Pemerintah Kota Tual melakukan gebyar pasar murah di gedung Baileo Kota Tual Kecamatan Dullah Selatan, Selasa ( 2 /4/2024).

Pj. Wali Kota Tual, Ahmad Yani Renuat membuka secara resmi kegiatan Gebyar Pasar Murah bagi masyarakat di Kota Tual.

” Kota Tual masuk gebyar pasar murah terpadu yang dilakukan pada hari ini, “katanya.

Renuat mengakui, sejumlah program dan kegiatan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat telah dilaksanakan Pemkot Tual secara baik.

” Kota Tual punya prestasi gemilang, namun masih terdapat beberapa langkah strategis yang perlu dibenahi,” sebut Pj Wali Kota Tual.

Renuat minta agar semua komponen harus maksimal dan peka terhadap kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Kolaborasi antar OPD teknis dan Forkopimda serta semua unsur penting, agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Tual,” Terangnya.

Pj Wali Kota Tual menyebutkan, dalam kondisi tersebut perlu dilakukan evaluasi terhadap semua program yang telah dilaksanakan terutama gebyar pasar murah.

” Upaya peningkatan koordinasi dan konsultasi semua pihak terutama, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tual harus terpadu dalam rangka melaksanakan langkah strategi berupa pemantauan ketersediaan pasokan lewat survey pasar di gudang para distributor, dan memantau harga beberapa komoditi tertentu di masyarakat,” pintanya.

Renuat memastikan proses distribusi dan upaya melakukan komunikasi efektif terhadap perkembangan inflasi di Kota Tual terus dilakukan.

” Upaya kongkrit yang dilakukan Pemkot Tual dalam rangka mendukung pengendalian inflasi, salah satunya menerbitkan SK Walikota Tual tentang pemanfaatan lahan pekarangan,” Jelasnya.

Selain itu, terobosan lainya kata Renuat adalah penerbitan SK Wali Kota Tual tentang Kewajiban OPD sebagai Pendamping Desa dalam memanfaatkan dana desa sebesar 20 % untuk menunjang program ketahanan pangan yang diwujudkan melalui Kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan.

Inflasi Kota Tual Terkendali

Diakui, pelayanan pasar murah Kota Tual menjual komoditi tertentu dengan harga terjangkau, hal ini terbukti melalui Dinas Pertanian,  kegiatan Warung Inflasi telah menyumbang produk pertanian lokal seperti bawang merah, cabe rawit, produk hortikultura yang berhasil memenuhi kebutuhan lokal Kota Tual.

“Ukuran keberhasilan Pemkot Tual dalam upaya pengendalian inflasi adalah koordinasi dengan semua pihak sehingga menghasilkan angka inflasi yang terkendali, terbukti dari bulan Januari 2,88 %, Februari 2,88 % dan alhamdulillah rilis BPS kemarin di Bulan Maret 2024, turun menjadi 2,57 %, ” Ungkapnya.

Hal ini kata Pj. Wali Kota Tual merupakan gambaran sinergitas Pemkot Tual dalam membangun komunikasi intensif pengendalian inflasi di Kota Tual.

” Kita sedang berada dalam suasana Bulan Suci Ramadhan dan sebentar lagi memasuki perayaan Idul Fitri, Insya Allah menunggu keputusan Pemerintah Pusat, namun sudah mulai terasa nuansa persiapan perayaan dilingkungan masyarakat terutama dalam kehidupan umat muslim, ” Ujarnya.

Atas terselenggaranya kegiatan gebyar pasar murah, Pj. Wali Kota Tual mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Pasar Murah yakni Perum Bulog dan Para Distributor serta Subdistibutor Bahan Kebutuhan Pokok.

” Tak lupa seluruh anggota TPID Kota Tual yang telah bekerja dan mempersiapkan seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat terselenggara dengan baik,” Salutnya.