Wabup Malra Minta Arsip Statis Harus Jadi Perhatian OPD

Wakil Bupati Malra

Langgur Tual News – Wakil Bupati Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si minta kepada semua OPD Pemkab Malra agar memperhatikan masalah arsip statis, karena hal ini kadang luput dari perhatian.

Wakil Bupati Malra
Wakil Bupati Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si

Penegasan ini disampaikan Beruatwarin, ketika membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Penyuluhan Kearsipan di lingkungan Instansi Pemerintah Kabupaten Malra, Rabu ( 21/8 ).

“ Sosialisasi ini akan memberikan bekal persiapan penyerahan arsip statis dari instansi Pemerintah kepada Kantor Arsip Daerah Kabupaten Malra, sebagai lembaga kearsipan daerah untuk dilestarikan “ Tandasnya.

Kata Wabup, dengan upaya ini, Pemkab Malra ingin menyelaraskan pemahaman arsip dalam penyelenggaraan kearsipan di Pemerintahan daerah menuju Kabupaten Malra yang Mandiri dan Berkeadilan.

“ Pengelolaan arsip merupakan pekerjaan yang harus melalui satu proses dalam kegiatan nyata sehari – hari, atau kinerja riil, membangun kesadaran tentang pentingnya arsip tidak mudah, akan tetapi membutuhkan kesabaran, dalam penyuluhan, sosialisasi, pelatihan khusus tehadap petugas arsip, monitoring kontinue, penghargaan yang layak bagi tenaga pengelola arsip, dan ketersediaan anggaran kearsipan serta sarana – prasarananya “ Terang Beruatwarin.

Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si, ketika membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Penyuluhan Kearsipan di lingkungan Instansi Pemerintah Kabupaten Malra,
Rabu ( 21/8 )

Untuk itu, Wabup Malra berharap, peserta sosialisasi harus mampu menjadi pelopor menciptakan opni publik tentang pentingnya arsip dalam proses Manajemen pemerintah dan pembangunan, sekurang – kurangnya berawal dari lingkungan kerja.

“ Dari semua aset negara yang ada, arsip adalah aset yang paling berharga, dan merupakan warisan nasional  dari gerenarasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan “ Tegas Beruatwarin.

Dikatakan, tingkat kesadaran suatu Bangsa, dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap Kearsipan, olehnya itu sosialisasi kearsipan bagi OPD dibawah sorotan tema “ Kita tingkatkan budaya sadar arsip, menuju tertib pengelolaan arsip “  sangat penting dan harus diberikan apresiasi yang sangat tinggi.

Para peserta sosialisasi dari perwakilan OPD Pemkab Malra, serius mengikuti Materi yang disampaikan Narasumber, Rini Susiowati, SS, M.Hum, dari Lembaga Kearsipan Nasional

Wabup Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si pada kesempatan itu juga menyampaikan selamat datang kepada Rini Susiowati, SS, M.Hum, di Kota Langgur Kabupaten Malra, surga tersembunyi sebagai Narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut dari Lembaga Kearsipan Nasional.

Ketua Panitia kegiatan, Jakobus Laimeheriwa, yang juga Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kearsipan dan Perpsutakaan Kabupaten Malra dalam laporanya mengatakan kegiatan ini diikuti oleh semua perwakilan OPD dan intstansi di lingkungan Pemkab Malra. ( team tualnews.com )