Panglima TNI : Perang Informasi Merusak Kehidupan Rakyat & Bernegara

Langgur Tual News – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P dalam amanatnya pada peringatan HUT TNI ke 73 tanggal 5 Oktober 2019 menegaskan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi.

Komandan Pangkalan TNI AL  Tual, I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr Hania selaku Inspektur Upacara pada peringatan HUT TNI ke 73 di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Propinsi Maluku yang berlangsung di pelataran halaman Kantor Bupati Malra, Sabtu ( 5/10/2019 )

“ sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak  kehidupan masyarakat dan bernegara “ Tegas Panglima TNI dalam sambutanya yang dibacakan Komandan Pangkalan TNI AL  Tual, I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr Hania selaku Inspektur Upacara pada peringatan HUT TNI ke 73 di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Propinsi Maluku yang berlangsung di pelataran halaman Kantor Bupati Malra, Sabtu ( 5/10/2019 ).

Menurut Panglima TNI,  konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena peperangan tersebut terjadi di massa damai.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag hadir bersama Pimpinan TNI Polri pada peringatan HUT TNI ke 73 di Halaman Kantor Bupati Malra, Sabtu
( 5/10/2019 )

“ potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat, termasuk ancaman militer dan nir militer berubah, olehnya itu TNI harus siap menghadapinya “ Tandasnya.

Pemkab Malra dan Pemkot Tual bersama Pimpinan TNI Polri, dan Para Tokoh Agama, Tokoh Adat mengucapkan Selamat HUT TNI ke 73

Dikatakan, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks.

“ Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru, kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia juga membawa dampak disruptif diberbagai bidang “ Ujar Panglima TNI Hadi Tjahyanto.

https://youtu.be/go3qyTr_EUU
Suasana peringatan HUT TNI Ke 73 di Kabupaten Malra dan Kota Tual dan wawancara bersama Danlanal Tual serta Kapolres Malra, Sabtu (5/10/2019 )

Menghadapi kompleksitas ancaman   tersebut, Kata Panglima TNI, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara Kepulauan.

“ Pembangunan postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI “ Jelasnya.

Panglima TNI mengaku, dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 – 2019 yakni pembentukan devisi Infanteri-3/Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir tanggal 11 Mei 2018 guna menghadapi trouble spot di wilayah Indonesia Timur.

“ Sedangkan pembentukan satuan TNI terintegrasi ( STT ) Natuna pada 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur – unsur TNI yang berioperasi di wilayah utara Indonesia, dan pembentukan Komando Operasi Khusus ( Koopssus ) TNI tanggal 30 juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional didalam maupun diluar wilayah NKRI “ Ungkap Panglima TNI.

Penyerahan piala kepada para pemenang lomba di HUT TNI ke 73 di Kabupaten Malra dan Kota Tual, ( Sabtu 5/10/2019 )

Selain itu kata Panglima, juga dibentuk Komando gabungan pertahanan ( Kogabwilhan ) I, II dan III tanggal 27 september 2019 lalu.

Upacara HUT TNI ke 73 di Kepulauan Kei berlangsung aman dan lancar serta penuh kekeluargaan, buktinya dua pemerintahan yang berbeda, yaitu Kabupaten Malra dan Kota Tual, pada peringatan HUT TNI kali ini digabungkan jadi satu dalam upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Malra.

Hadir pada peringatan HUT TNI ke 73, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, bersama seluruh OPD di Pemkab Malra dan Pemkot Tual.

Foto bersama usai upacara HUT TNI ke 73 di Kabupaten Malra dan Kota Tual, Sabtu
( 5/10/2019 )

Komandan Pangkalan TNI AL  Tual, I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr Hania selaku Inspektur Upacara, dengan komandan upacara Lettu Laut (k) drg. Aco Karso dan perwira upacara, Kapten Laut (s) Untung Riyanto.

Upacara HUT TNI, dimeriahkan drum bund SMA Seminari SYT Langgur, dengan peserta upacara terdiri dari satu peleton TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polisi, Brimob, Pol PP, Pramuka dan ASN. Pengucapan sapta marga oleh tiga perwakilan TNI masing – masing, Seda Bek Okmawansyah dari (TNI AL), dan Serda Ababil Yudha Pratama ( TNI AU ) serta Serda Jemi Charter Eleuwarin ( TNI AD ).

Usai upacara Panitia HUT TNI ke 73 mengumumkan para pemenang berbagai mata lomba olahraga yakni Polres Malra sebagai juara pertama lomba Badminton dan Futsal. Sedangkan untuk Cross Country diraih Kompi D Yonif 734.

Sementara yang meraih juara umum untuk semua mata lomba adalah Lanal Tual. TNI AL Tual meraih dua emas, satu perak dan dua perunggu. dua emas diperoleh dari mata lomba PBB dan bongkar pasang senjata. Untuk lomba bongkar pasang senjata, Lanal Tual melalui dua anggotanya masing – masing, Lettu Laut (K ) Drg. Aco Karso juara pertama dan juara kedua Koptu TTU Hendro.

Usai upacara dilanjutkan dengan resepsi dan ramah tama bersama seluruh pimpinan TNI Polri bersama Bupati Malra dan Walikota Tual. ( team tualnews.com )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya