Pemkot Tual Dukung Program BSPS, 493 Rumah Direhabilitasi

Kepala Dinas Perkim Kota Tual, Fachry Rahayaan mendampingi Tim Monitoring Program BSPS Kementrian PUPR bersama Satker Provinsi Maluku yang melakukan monitoring program BSPS di Kota Tual

Tual News – Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE bersama Kepala Dinas Perkim Kota Tual, Fahry Rahayaan menegaskan Pemkot Tual mendukung penuh program BSPS dari Kementrian PUPR, karena tahun 2019  Kota Tual memperoleh bantuan rehabilitasi rumah kumuh sebanyak 493 buah.

“ Terimakasi kepada Pempus melalui program BSPS, sehingga Kota Tual untuk tahun ini dapat merehabilitasi 493 rumah penduduk tak layak huni, ini adalah jumlah terbesar “ Ungkap Kadis Perkim Kota Tual.

Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE menerima kunjungan Tim monitoring program BSPS dari Kementrian PUPR di Kota Tual

Kata Rahayaan, khusus untuk bantuan rumah swadaya, sejak tahun 2016 – 2019 mengalami peningkatan signifikan sesuai kebutuhan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kota Tual.

“ Seiring penambahan bantuan tersebut, maka saat ini makin menurun rumah tidak layak huni di Dullah Utara dan Dullah Selatan, kami berharap tahun ini selesai sehingga dilanjutkan ke kecamatan PP Kur “ Jelasnya.

Dikatakan, progres rehabilitasi 493 rumah penduduk tidak layak huni di Kota Tual sementara dalam tahap penyelesaian dan diharapkan tanggal 20 desember 2019 semua rumah sudah selesai terdistribusi.

Kepala Dinas Perkim Kota Tual, Fachry Rahayaan mendampingi Tim Monitoring Program BSPS Kementrian PUPR bersama Satker Provinsi Maluku yang melakukan monitoring program BSPS di Kota Tual

“ Harapan kami kepada Pempus, untuk tahun 2020 bantuan rehabilitasi rumah untuk wilayah pulau –pulau di Kota Tual, sebaiknya diberikan paket  pembangunan baru, karena tingkat kerusakan di daerah pulau lebih berat bila dibandingkan dengan yang ada di daratan, olehnya itu program yang kami pilih adalah pembongkaran baru ( PB ) “ Harap Kadis Perkim.

Sementara itu disaat yang sama tim monitoring dari Kementrian PUPR dan Satker Propinsi Maluku mengunjungi beberapah unit rumah di Kota Tual yang sudah rampung pengerjaanya.

Salah satu penerima bantuan program BSPS, Magdalena Renhoran, berlinangan air mata ketika menerima kedatangan tim monitoring program BSPS dari Kementrian PUPR.

“ Saya sampaikan terimakasi kepada Kementrian PUPR, karena telah membantu kekurangan kami dalam memberikan bantuan bedah rumah. Rumah ini dulu tidak layak dihuni, atapnya rata untuk hindari panas dan hujan, namun saat ini sudah layak ditempati, terimakasi kepada Satker penyedia perumahan, PPK dan Kadis Perkim Kota Tual yang sudah suport program ini dengan baik “ ungkap Renhoran. ( team tualnews )