Raja Ub Ohoi Faak Antara Milik Marga Rahawarin, Talubun dan Walten ?

News – Kekosongan jabatan Raja Ub Ohoi Faak, di Kecamatan Kei Besar Utara Barat, Kabupaten Maluku Tenggara di Propinsi Maluku, selama puluhan tahun, akhirnya menemui titik terang, pasalnya berdasarkan satu dokumen perjanjian tertulis yang dibuat di Elralang, tanggal 2 Oktober 1934, yang diterima tualnews.com, menyebutkan kalau pemilik sah Raja Ub Ohoi Faak adalah Marga Talubun, sedangkan Wakil Raja dari Marga Walten.

20 Tahun Raja Ub Ohoi Faak Malra Vakum, Proses Kepala Ohoi Mandek

Didalam dokumen perjanjian tertulis yang ditandatangani dengan cap ibu jari oleh masing – masing pihak yakni M. Rahawarin, Leo Talubun dan Herman Walten, disahkan Asisten Resisdent Zaman Penjajahan Belanda, menerangkan kalau para pihak yang bertanda tangan adalah Tokoh – Tokoh Adat Negeri Elralang yang membuat satu perjanjian tertulis.

“ Kami jang bertanda soerat ini, Leo Taloeboen, Hermand Walthein, Mohamad Raein Rahawarin. Warnemen dan toe – toe adat Negeri Elralang soed boet djanji yakni Warnemen Leo Taloeboen soeda dapat satoe poetoesan jang mana soeda jadi Radja di Raadchap Oebohoifaak, namun atas soeatoe pikiran jang djerni  dengan wakil warnemen Hoar Ngoetroe, toen Hermand Walthein, bahwa kami pertjajakan Mohamad Rein Rahaewarien, untuk jadi Raja sementara waktoe, sampai ada dari pihak jang berhak soeda dewasa/betsar baroe serahkan kembali / poelang “ Tulis para pihak dalam dokumen perjanjian tertulis bahasa tempo dulu yang dibuat di Elralang tanggal 2 October 1934.

Fautgilyanan : Raja Ub Ohoi Faak Adalah Raja Perjuangan

Dijelaskan dalam dokumen ini, kalau yang menjadi Raja Ub Ohoi Faak adalah  Marga Talubun, sedangkan Wakil Raja, Marga Walten. Olehnya itu bagi yang menerima titipan harus menyerahkan kembali, karena sudah ada perjanjian tertulis secara bersama.

Dokumen perjanjian tertulis ini masih ada dan dipegang anak cucu dari para pihak yang membuat perjanjian tertulis saat itu.

Dewan Adat Kei : Raja Wain Akan Ditunjuk, Marga Rahawarin Pemilik Rat Ub Ohoifak

Untuk diketahui, Ub Ohoi Faak adalah satu ratskap yang terluas di wilayah kepulauan Kei Besar dengan pusat pemerintahan di daerah yang dikenal dengan nama Endralang (El Raan), Kei besar. Mencapai puncak kejayaan di masa pemerintahan Panglima Kesyiang (pemegang kekuasaan/raja ) dipegang turun temurun melalui kesepakatan bersama, dengan Raja pertama Ub Ohoi Faak adalah  Marga Rahawarin. ( TN )