Pangdam XVI Pattimura : Perbedaan Jadi Kekuatan, Bukan Perpecahan

Pangdam XVI Pattimura ketika bertatap muka bersama Forkopimda, Tokoh Agama, Adat, dan Tokoh Masyarakat serta seluruh jajaran Pemkot Tual, Kamis Malam ( 17/03/2021 )
Pangdam XVI Pattimura ketika bertatap muka bersama Forkopimda, Tokoh Agama, Adat, dan Tokoh Masyarakat serta seluruh jajaran Pemkot Tual, Kamis Malam ( 17/03/2021 ).

Tual News – Pangdam XVI / Pattimura, May.Jen TNI Jeffry A. Rahawarin, menegaskan perbedaan jangan dijadikan sebagai sumber perpecahan,  tetapi perbedaan harus menjadi kekuatan untuk saling melengkapi dan menutupi kelebihan serta kekurangan antara satu dengan yang lain.

“ Daerah ini akan mengalami kemajuan cepat kedepan,  apabila kita semua bersama-sama bekerja, bergandengan tangan dalam satu ikatan yang kuat seperti dalam bahasa Kei,  Ain Ni Ain ( semua untuk satu, saling menolong, mendukung, dan saling membutuhkan) “ Pesan Rahawarin, Putera Kei asal Desa Dullah Laut Kota Tual, dalam amanatnya ketika bertatap muka bersama  Forkopimda, Tokoh Agama,  Adat, dan Tokoh Masyarakat serta seluruh jajaran Pemkot Tual, Kamis Malam ( 17/03/2021 ).

Rahawarin mengaku, pesan Leluhur Kei,  selaras dengan prinsip kerja dirinya selaku Pangdam XVI / Pattimura, yakni bekerja dengan kasih dan mempererat silaturahmi.

“ Pesan ini  sama dengan Falsafah orang Maluku,  Ale Rasa Beta Rasa, Potong Dikuku Rasa di Daging dan Sagu Salempeng Dipata Dua  “ Ujarnya

Menurut Pangdam / XVI Pattimura, Kepulauan Kei memiliki sejarah penting dalam perjuangan Bangsa Indonesia, sebab dalam perjuangan perebutan Irian Barat, Panglima Mandala Operasi, May.Jen Soeharto yang menjadi Presiden RI ke dua, pernah berada di Kota Tual untuk memimpin dan mengendalikan perjuangan perebutan Irian Barat saat itu, yang sekarang telah berganti nama menjadi Papua.

“  Tantangan yang  dihadapi Bangsa dan Negara kita saat ini sangat berat,  ini bukan hanyajadi tanggungjawab pemerintah semata, tetapi menjadi tanggungjawab kita semua “ Tandasnya.

Rahawarin  berharap, generasi penerus dengan tantangan yang berbeda harus bersatu menghadapi tantangan tersebut, seperti yang ditunjuhkan para pendahulu dari berbagai elemen bersatu untuk merebut kemerdekaan.

“ Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Tual dan seluruh elemen masyarakat yang  penuh keikhlasan dan persaudaraan telah menerima kunjungan saya dan rombongan di bumi Maren “ Salutnya

Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE atas nama Pemerintah Daerah Kota Tual dan masyarakat Evav mengucapkan selamat datang kepada Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Jefry Apolo Rahawarin dan rombongan di kota Tual

“ Meskipun kami tidak sempat hadir pada acara Sertijab Pangdam XVI/ Pattimura, namun melalui momentum ini,  kami berterimakasih kepada  May.Jen TNI Agus Rohman dan jajarannya yang telah mendorong stabilitas keamanan di Propinsi Maluku, khususnya  di kota Tual “ Tandas Wawali dalam amanatnya.

Menurut Wawali Tual, stabilitas keamanan sangat penting untuk perlindungan dan pertahanan, karena  secara geografis Kota Tual berada pada area zona kawasan bebas yang menyimpan potensi sumber daya alam dan kekayaan budaya Indonesia yang  sewaktu waktu dapat diganggu oleh Negara Tetangga.

“ Dengan memahami pentingnya penguatan stabilitas dari aspek pertahanan dan keamanan,  maka Pemkot Tual memandang perlu untuk memberi dukungan terhadap master plan pertahanan yakni  penyediaan lahan untuk pembangunan Kodim Kota Tual, kiranya pembangunan Kodim tersebut dapat selesai sesuai rencana “ Jelas Tamnge.

Pangdam XVI Pattimura Kunker di Kota Tual dan Malra

Untuk diketahui,  Pangdam XVI/Patimura,  May.Jen TNI Jeffry A. Rahawarin dan Ibu Ketua Persit KCK PD XVI/Patimura, Ny. Arni Sukarni Rahawarin,  beserta rombongan tiba di Bumi Larvul Ngabal, Rabu ( 17/03/2021 ), pukul  17.45 WIT.

Kedatangan Pangdam di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara dalam rangka kunjungan kerja. Pangdam beserta rombongan tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, menggunakan Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1508.

Ikut serta dalam rombongan, Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Heri Sapari,  Asops Kasdam, Kolonel Inf. Mochamad Arief Hidayat, Aster Kasdam, Kolonel Inf. Hendro Agus Suseno, Kasmin Pangdam, Mayor Inf. Hadiansyah.

Selain itu turut serta dalam rombongan,   Ibu Kasdam, Ny. Alin Lusianawati, Ibu Irdam, Ny. Rina Hestiawati, Ibu Asops, Ny. Verma Amalia, Ibu Aster, Ny. Nelsy Rhenevia Yuli, Adc Pangdam, Serda Nando Patra, Adc Ibu Pangdam,  Serda (K) Karli Felti Kurama,  Bapendam XVI/Pattimura, Serda Hafiz, anak kandung Pangdam,  Yonathan P. Rahawarin, dan IRT kediaman Pangdam,  Ibu Siti Nurjanah.

Dandrem 151/Binaiya, Arnold A. P. Ritiauw, bersama Bupati Malra,Drs Hi. M. Thaher Hanubun, dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge beserta Forkopimda, menjemput kedatangan Pangdam XVI Pattimura bersama rombongan di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur.

Para Rat Ursiw dan Loor Lim hadir menjemput kedatangan Rahawarin ditanah Kei, dengan upacara adat Kei.  ( TN )