Kabalmay Minta Pemkot Tual Realisasi Proyek APBD 2021

Tual News – Anggota DPRD Kota Tual, Jimal Kabalmay, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tual, Rabu ( 05/5/2021 ) dalam rangka penutupan masa sidang pertama dan pembukaan masa sidang kedua tahun 2021, minta Pemkot Tual segera merealisasikan mega proyek APBD 2021, untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat, ditengah pandemi covid-19.

Permintaan ini disampaikan, Politisi Hanura itu mengingat sudah memasuki bulan kelima Mei 2021, beberapah paket proyek besar yang dibiayai APBD Kota Tual seperti pembangunan jembatan di Kecamatan Tayando Tam dan pembangunan jalan hotmix diareal Pelabuhan Kota Tual milyaran rupiah belum ditenderkan.

“ Presiden RI sudah keluarkan instruksi kepada setiap Kepala Daerah untuk segera lakukan  pembelanjaan atas anggaran yang sudah ditetapkan melalui APBD dan APBN. Saya melihat di Kota Tual masih stagnasi, sebab ada beberapah pembangunan yang memerlukan dana besar, seperti pembangunan dermaga Kecamatan Tayando hampir tujuh milyar, termasuk pembangunan jalan hotmix diareal  Pelabuhan sampai saat ini belum berjalan “ Ungkapnya.

Kodim 1503 Tual Sosialisasi Aplikasi Klassku di Sekolah

Kabalmay menyesalkan dua mega proyek itu hingga saat ini belum dikerjakan, sementara waktu pelaksanaan semakin pendek.

“ Ini biaya cukup besar dan memakan waktu cukup lama, sampai saat ini dua proyek itu belum jalan, mestinya sudah dilakukan pelelangan proyek, sehingga secara perlahan – lahan mulai dikerjakan “ Kesalnya.

Kata dia, akibat lambanya pembelanjaan APBD 2021, berdampak pada perputaran roda ekonomi masyarakat yang ada di Kota Tual.

“ Yang terlihat saat ini belanja proyek dari Pemprop Maluku dan Pempus, sementara dari Pemkot Tual belum realisasi “ Ujarnya.

PELNI Tual : Tanggal 6 – 17 Mei Kapal Tetap Operasi

Dalam rapat paripurna itu juga, Jimal Kabalmay mempertanyakan empat buah ranperda yang sampai saat ini belum diserahkan kepada lembaga DPRD Kota Tual.

“ Saya pertanyakan empat buah ranperda itu, sebab kalau sudah diserahkan kepada lembaga ini, maka Pimpinan Dewan,  harus segera gelar paripurna untuk serahkan kepada Ketua Bapemperda agar dibahas “ Jelasnya.

Banyak Kontainer Rusak, Walikota Diminta Tinjau Pelabuhan 

Sementara itu Anggota DPRD Kota Tual, Jimal Kabalmay, juga meminta Walikota Tual, Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, untuk mengunjungi pelabuhan kontainer Kota Tual, sebab saat ini  banyak kontainer rusak, akibat terendam air laut.

Jelang Idulfitri Stok Beras Bulog 1.900 Ton Siap Layani Tenggara Raya

“ beberapah hari lalu, akibat air pasang yang tinggi, beberapah kontainer terendam air laut, sehingga barang dagangan pengusaha yang ada didalam rusak “ Ungkapnya.

Kata Kabalmay, areal pelabuhan kontainer harus segera dibenahi, karena income terbesar Kota Tual dalam menambah PAD berasal dari pelabuhan kontainer. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: