Raja Faan Beri Waktu Sembilan Hari Mediasi Kepo Kolser

Tual News – Raja Faan, Patris Renwarin, memberikan waktu sembilan hari kepada dua Pastor asal Ohoi Kolser, untuk memediasi dua Calon Kepala Ohoi yang adalah adik – kakak asal Marga Maturbongs.

Dua Calkades Kolser Jalani Sumpah Adat Kei Belum Capai Titik Temu

“ Saya beri kepercayaan kepada dua pastor yang akan mediasi, kalau sudah ada titik temu antara kedua pihak, maka akan segera diteruskan “ Pintahnya saat pertemuan adat di Ohoi Kolser, Rabu ( 23/06/2021 ) .

Raja Faan, minta kepada Calon Kepala Ohoi Kolser dari Maturanyaan dan Maturan Snackubun, untuk tetap menjaga hubungan persaudaraan yang baik, rukun dan damai.

Sikapi Surat Lanud Pattimura, Puluhan Warga Kampis Datangi Desa Tawiri

“ Kalau sudah ada kesepakatan dalam proses mediasi, saya harap kedua pihak tidak membuat perpecahan dalam hubungan kekeluargaan, sebab kedua Calon Kepala Ohoi Kolser berasal dari Marga Maturbongs “ Harap Renwarin.

Usai pertemuan Adat Kei tersebut, Raja Faan, Patris Renwarin, kepada tualnews.com, mengaku sangat bahagia dengan pertemuan itu, sebab kedua pihak sulit dipertemukan di Ohoi Kolser.

“ Saya bahagia, karena pertemuan ini diliputi suasana sukacita “ Ujarnya.

Dirinya berharap pertemuan adat yang digelar, akan dilanjutkan dengan proses mediasi, akan memperoleh hasil yang terbaik.

1 Tahun Dewan Adat Kei Belum Putus Sengketa Kepala Ohoi Debut

“ Sudah dua kali pertemuan, masing- masing pihak pertahankan argumen, lalu ditindaklanjuti dengan pertemuan adat ketiga di pusat kampung ( Woma ) Ohoi kolser, disaksikan leluhur dan masyarakat,  sehingga lahir  suasana kekeluargaan yang terjalin baik “ Harap Raja Faan.

Menurut Renwarin, sebelum gelar sumpah adat Kei yang akan dilaksanakan, masih ada solusi untuk penyelesaian.

“ Sumpah Adat adalah tradisi dan budaya Kei sebagai solusi akhir, namun masih ada solusi, maka harus diselesaikan secara baik, dalam suasana kekeluargaan “ Jelasnya.

Kata Raja Faan, melalui proses mediasi lanjutan, dua kakak – adik Calon Kepala Ohoi Kolser, bisa duduk berbicara dari hati ke hati, dalam penyelesaian.

Bupati Malra Akui Banyak Intrik Pengaruhi Proses Kepala Ohoi

Untuk diketahui, dua Calon Kepala Ohoi Kolser yang akan menjalani Sumpah Adat Kei, asal satu Marga Maturbongs yakni Yoga Maturbongs dari Maturanyaan dan Yoseph Maturbongs dari Maturan Snackubun.

Namun sumpah adat Kei itu, batal digelar, sebab masih ada solusi penyelesaian melalui proses mediasi yang difasilitasi dua Pastor asal Ohoi Kolser, masing – masing, RD Frans Lesomar yang juga Wakil Uksup Kei Besar dan Pastor Paroki Haar, RD Yani Maturbongs. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: